Daftar Kelemahan Mobil Suzuki APV

10 Jul

Suzuki APV  itu adalah turunan dari Suzuki Carry yang sudah dikenal sebagai minibus kecil ataupun pick up kecil yang terkenal tangguh, akan tetapi  untuk APV banyak ada kelemahan-kelemahan yang sangat menjengkelkan yang merupakan bawaan dari produksi dengan kata lain cacat bawaan dan jarang diulas orang walaupun semua pemilik kendaraan itu tahu bahwa itu  kelemahan APV. Berikut ini adalah fakta-fakta tentang kelemahan Suzuki APV berdasarkan perbanding-perbandingan dengan pemilik Suzuki APV tentang masalah masalah teknis yang sering dijumpai pada kendaraan APV tersebut.

Mengapa disebut cacad bawaan mobil karena berdasarkan pengamatan penulis terhadap kesamaan kerusakaan  (kerusakan berjamaah) yang dialami APV. Bagian-bagian yang paling sering menjadi masalah dan dapat dikatakan  kelemahan Suzuki APV atau dengan kata lain cacat bawaan mobil APV adalah:

1. Air aki yang cepat habis.
Kita tidak tahu pasti  penyebab masalah ini, dimungkinkan karena kapasitas aki yang terlalu kecil atau arus yang masuk terlau besar atau letak aki yang berada didekat mesin ,  tetapi aki bawaan Suzuki APV hanya aki basah 40 amper,  sevcara teori ini cukup untuk mensuplay kebutuhan listrik APV untuk menjalankan motor stater, power window, audio, dan AC. Untuk aki bawaan Suzuki, biasanya air aki akan berkurang pada level membahayakan setelah pemakian 10 hari, apabila terlambat resiko kerusakan sel aki akan besar. Sehingga disarakan untuk sering mengontrol keadaan air aki seminggu sekali, dan ini dalah pekerjaan yang sangat merepotkan untuk merawat kendaraan.

2. Pasisi ban depan di bawah sopir yang cepat aus
Pada Suzuki APV baru pada pemakian 3 bulan pertama akan terlihat tanda-tanda kendaraan mengalami masalah pada ban depan dibawah supir, ini akan telihat lebih jelas untuk pemakian 6 bulan atau untuk pemakaian 20.000 km, ban akan sangat terlihat aus kedalam apabila dibandingkan antara ban  depan yang kanan dan ban depan yang kiri. Banyak bengkel spooring yang mengatakan bahwa itu masalah spooring ban memang sangat sering pada   Suzuki APV. Mungkin ada kesepakatan kerjasama antara perancang APV dengan bengkel spooring untuk menciptakan mobil yang harus sering-sering dibawa ke bengkel spooring?

3. Gigi mundur susah masuk
Sering terjadi kendala untuk memindahkan gigi mundur. Apabila posisi yang kurang tepat maka gigi mundur tidak dapat dipindah

4. Suspensi depan  keras
Sudah menjadi rahasia umum kalau suspensi depan Suzuki APV berbunyi “gluduk-gluduk”  ini diakibatkan per suspensi depan yang sangat keras, sehingga goncangan tidak diredam oleh per sehingga masuk ke kabin sehingga menimbulan suara.

5. Kaki kaki mobil yang yang kurang kokoh.
Bal Joint dan stabiliser joint link, tie rod, dan per  cepat bermasalah  apabila mobil and seing digunakan di luar kota ditandai dengan bunyi-bunyian di sekitar kaki-kaki mobil yang akan hilang apabila setelah mobil dicuci, itu merupakan tanda-tanda bahwa seal sudah mulai aus ataupu sudah mulai kering, ini adalah tanda-tanda and harus menambahkan vaselin ke balljoint APV

6. Motor Extra Fan Radiator/Kondensor AC
MotorExtra fan pada Suzuki APV ini terletak di bagian depan sopir dan berfungsi sebagai fan blower radiator sekaligus Kondensor AC, karena radiator dan kondensor AC  menyatu antara keduanya sehingga ini akan sangat fatal apabila motor Extra fan ini mengalami gangguan, mesin akan mengalami over heat dan  AC tidak dingin sama sekali. Gejala yang tampak ketika motor ini mengalami gangguan adalah  suara berdecit ataupun suaran berisik lainnya pada bagian depan  ataupun timbulanya suara yang tidak wajar ketika mesin dimatikan. Motor fan  ini akan mulai timbul masalah biasanya untuk pemakian 1 tahun atau pada kilometer 50.000 an

About these ads

73 Tanggapan to “Daftar Kelemahan Mobil Suzuki APV”

  1. hermawan November 4, 2011 pada 1:23 am #

    Tapi kalau sudah terlanjur beli suzuki apv & sudah banyak menghabiskan dana untuk perawatanya bagaimana?

    • Suzuki Jogja Desember 9, 2011 pada 8:52 am #

      Om Hermawan tidak ada kata lain kecuali ganti onderdil tapi kalau masih sayang diganti pake yang ori .. atau barter dengan punya teman yang mau dilego…kalau sudah bosan mau dijual ya cari yang kw saja …harga jual masih tetap sama.

      • zul November 6, 2012 pada 5:18 am #

        waduhhh itu bukan jawaban yang dibutuhkan konsumen

    • iskandar Mei 25, 2012 pada 1:40 pm #

      ah suzuki saya umr hampir 2thn km 32.000. ban bagus accu bagus baru tambah air accu sekali dan tambah air radiator sekali sampai sekarang ga ada keluhan pokonya mantab suzuki arena….bantingan mantab..makasih suzuki cawang dewisartika..

      • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:55 pm #

        bener om apv itu bentuk lain suzuki carry pick up, sebenarnya mesin sudah teruji di model pick up sehingga untuk mesin jarang trouble, kalau APV aki memang berhubungan dengan AC sehingga apabila Ac dihidupkan dengan max aki akan mendidih sehingga penguapannya sehingga air aki cepat habis sehingga apabila anda lupa menambahkan aki akan rusak.

    • nurul Agustus 27, 2013 pada 6:59 am #

      aq emang penggemar APV udh 2 th ini g ada keluhan berarti, kalo cuma ngisi air aki dll biasalaaah ..tu bagian dr perawatan tapi yg menjadi keluhan aq skrang gigi persenelingnya berat sekali temenku tanya gmn ini ? gpp lah sekalian sambil olah raga pancooo…. ha ha

  2. sunantoro Mei 9, 2012 pada 12:45 pm #

    Suzuki APV Arena saya baru akhir tahun 2010. Sampai sekarang hanya ada satu masalah yang pernah saya temui: Ban depan kanan dan kiri mulai termakan bagian dalamnya. Ini ditemui oleh bengkel Resmi ketika service 20,000km kemudian di spooring ulang. Beberapa bulan kemudian kawat-kawat ban mulai kelihatan. Langsung saya ganti dengan ban DUNLOP dan sampai sekarang tidak lagi menunjukkan ada kelainan di ban depan tsb. Saya masih suka dengan APV tersebut.

  3. eko winarno Juli 28, 2012 pada 2:46 am #

    yg pasti semua tipe kendaraan pasti ada kekuranganya,sy lebih memilih apv karna interior dalam baik dan kapasitas max juga irit.koncinya wajib perawatan berkala agar tdk terjadi kerugian juga kontrol mingguan…………………..kalau malas kontrol semua jenis kendaraan apapun pasti hancur……………oke

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:50 pm #

      Yes om Win kewajiban kita merawat mobil kita sebaik mungkin karena mobil kita adalah pakaian kita

  4. adi arisman September 14, 2012 pada 2:09 pm #

    kenapa waktu di jalan tiba tiba mesin gerejed terus langsung mati, ga mau hidup lagi..
    cek bensin bagus, pengapian dari busi ada, trus kemungkinan dari apalagi yang rusak??

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:44 pm #

      Pasti apa kaber yang putus atau sekring yang putus yang ini mesti masuk bengkel tidak dapat difollw up sendiri

  5. usup saefulloh September 28, 2012 pada 12:09 pm #

    o…baru tau aku kelemahannya thank’s atas inponya

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:47 pm #

      kelemah berdasarkan pengalaman pribadi loh om, tapi ada betulnya kita kumpulkan informasi dari yang lain

  6. Eman Ajh Oktober 25, 2012 pada 3:55 pm #

    saya punya mobil avp th 2005 tife x,ada masalah di ac’a yg depan dingin tapi yg belakang ga dingin solusi’a gimana yah boz?

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:46 pm #

      Gas freon yang sudah menipis lebih baik dicheck dibengkel

  7. tarmudi Februari 11, 2013 pada 5:01 am #

    aq mau beli APV antara th 95 sd 2011 ada yag kasih info ? hub aq biar aq bisa sesuaikan dg budged yg ada

  8. faizal Maret 22, 2013 pada 2:02 pm #

    afv ku akhir th 2010,yg jadi masalah mesin udah di tune up 2x tp msh terasa sinjal pd gas rendah dan kunci otomatisx udah setahun rusak gak bs d pakai perawatan rutin di bengkel resmi tolong solusinya

    • Suzuki Jogja April 3, 2013 pada 11:43 am #

      Wah mekanik juga kadang tidak mau tau tentang kerusakan mobil, lebih suka service mobil baru yang minim kerusakan, hanya ganti oli, anda harus ngomong apa masalah yang kalau belum beres kembali lagi ada garansi servicenya kalau di bengkel resmi kalau gak beres cari saja pemilik bengkel resmi langsung saja “diunek-uneke” ben kapok

  9. dikdik gg. awug kopo katapang April 11, 2013 pada 9:25 am #

    semuanya terbukti dan benar, saya selama punya APV GX Th 2010, hal-hal yg pernah terjadi adalah :
    1. Bulan ke 6 Ban depan aus, ganti dg ban yg sama goodyear
    2. Lewat 1,5 Tahun, masalah gigi persenelling keras terutama mau ke gigi 1 dan mundur.
    3. 2 tahun Aki ngadat mau diganti, dan diganti
    4. 2 Tahun lewat …. ku jual

    namun karena daerahku suka banjir dan APV tinggi plus mau usaha, rencana masih mau kembali ke APV lagi yg APV GA blind krn terjangkau. mudah2an aja turun harga lagi

  10. aji Juni 6, 2013 pada 5:31 am #

    So far apv kuat,engine sip..ban sering2 aja sporing…3bln sekali rotasi ban,ac aman..goyangan body lumayan keras, coil mati sekali aja dalam kurun waktu 4thn wajar soale km aku sudah 200rb lebih…Apv memang JOSSSSSSS gandos

    • Suzuki Jogja Juli 4, 2013 pada 10:44 pm #

      Engine nya kuat sih jarang mogok.. tapi soal teknologi masih tetinggal selangkah dengan mesin kendaraan sejenis yang sudah DOHC atau sudah dengan teknologi VVT-i yang konsumsinya lebih efisien, untuk kaki-kaki APV akan menejadi catatan yang lain

  11. aji Juni 6, 2013 pada 5:34 am #

    Mhn info sja saat ini apv saya sering mati sendiri saat perjalanan 4jam non stop…berhenti 15mnt jalan lg bisa,,,,,apa ya kira2? Yg bermasalah

    • Suzuki Jogja Juli 4, 2013 pada 10:40 pm #

      mohon dicheck radiator, ada masalah dehttp://suzukijogja.wordpress.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-formngan suhu atau anda pasang sesuatu alat tambahan seperti lampu atau power amply sehingga buat panas dinamo

    • bidin Desember 30, 2013 pada 3:36 am #

      Kemungkinan jg pompa di dlm tangki kotor…

  12. Wiku-HPA Juni 15, 2013 pada 2:47 pm #

    Point 1: saya tidak mengalami
    Point 2: saya mengalami, untung cepat terlihat oleh teknisi saat servis 10ribu km, shg dilakukan set wheel alignmet ulang, dan sampai skrg sudah sembuh
    Point 3: syukur sampai km 88rb saat ini, fan tetap ok; pemakaian AC hampir selalu ON.
    Point 4: relatif tidak susah, kadang2 hrs pas.

    Note: mobilnya APV Arena thn 2008

  13. agus Agustus 5, 2013 pada 3:00 am #

    tekad saya uda bulat APV GX 2013, namun ada cerita salah-satu keluhan yang pernah menggunakannya saat mobil kosong kecepatan tinggi kemudian menikung mobil akan goyang seolah2 kempes ban. cerita ini benar apa nggak, saya tidak temukan pada web ini, klau memang benar pada kec. berapa dan derajat menikung berapa yang menyebabkan mobil goyang. trims- sebelumnya.

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 pada 1:36 pm #

      saya belum pernah nyoba dengan yang pick up, tetapi Apv memang tidak ada sistem penyetabil bodi ketika belok, yang terdapat di Innova namanya LPV sistim yang memnungkinkan mobil selalu pada jalaurnya ketika berbelok dengankecepatan tinggi, tetapi info didapat dari bengkel per depan terlalu keras kurang meredam goncangan

  14. isman purwanto Agustus 22, 2013 pada 12:40 am #

    saya pengguna APV baru saja, belum merasakan gejala2 yg agan2 sebutkan tadi di atas, ya waspada aja, trims info2nya.

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 pada 1:27 pm #

      Ati 2 aja bung… hal2 yang seperti di tulis pasti akan terjadi dengan mobil anda

  15. antoaat Agustus 25, 2013 pada 3:37 pm #

    Waduh sudah terlanjur beli apv luxury,…. yah dijalanin aja lah apapun itu masalahnya….z

    • Suzuki Jogja Agustus 26, 2013 pada 11:17 am #

      Dijalankan ajalah sudah terlanjur, nanti kalau sudah kembali modal dijual segera untuk beli yang reputasinyan lebih baik, seperti saya juga terjebak jaringan hitam beli mobil karena, BII Finance ternyata perusahaan partner asuransinya bukan perusahaan 2 asuransi yang bonafide memilih dengan bengkel yang jelek 2

  16. gofur Agustus 31, 2013 pada 1:14 pm #

    suzuki apv arena 2008 sy knapa boros padahal busi & kabel baru,coil dah ganti, mesin msh terasa langsam/pincang

    • Suzuki Jogja September 2, 2013 pada 5:31 am #

      Harusnya tidak diganti semua… mobil sudah injeksi jarang rusak mungkin filter udara masuk yang perlu diganti .. pergantion koil busi dan kabel dan busi salah satu penyebeb mobil kurang langsam tapi perhatikan juga timing belt karena kalau sudah kendur mobil juga bisa endut2an

  17. Nana N September 1, 2013 pada 9:24 am #

    Bos apv ane th 2012 type GE PS.
    Mau tanya bos ane br beli ni mobil kira2 tune up dibengkel resmi brp sih bos ?trus ni mobil nafas’a pendek2. Perpindahan gigi 1 ke 2 dan sterus’a jarak’a pendek2 knapa ya ?

    • Suzuki Jogja September 2, 2013 pada 5:28 am #

      Tune up dengan ganti oil+filter kira2 800.000 Ya seperti itu APV gunakan gigi max 2000 rp maka bensin aka lebih irit

      • Saputra September 2, 2013 pada 6:44 am #

        Mobil APV ane dua hari ini, indikator panas tidak normal. Normal dibawah tanda, tapi kemudian naik diatas setengah.,,turun lagi. Km 101446, Petunjuk tune up masih kurang 1000 km lagi. Water coolant full. Mesin hidup posisi dingin, ada suara berdenyit. Untuk panas kenapa ya…, terus bunyi itu apa yg harus diganti?

      • Suzuki Jogja September 2, 2013 pada 4:14 pm #

        untuk indikator naik turun apalagi sampai garis merah perlu thermostat dicheck barangkali ada kerusakan atau saluran ada yang tersumbat, untuk suara berdecit kalau dingan biasanya streng belt sudah tua minta ganti atau suara ini berhubungan dengan treng yang mamutar pompa air radiator

  18. S.H.Tampubolon September 10, 2013 pada 6:27 pm #

    Apv ku 2011 sudah 2x dalam setahun jakarta medan (36 jam jakarta medan juga sebalik nya) 7 orang penumpang cukup handal untuk melibas trek ini,di jakarta hampir tiap hari mobile (70km/hari) ful ac ful music (audio sudah pake power 2) tetapi penilaian negatif seperti diatas tidak sy temui alias: ban masih rata,aki tidak berkurang,bantingan empuk,di tol saya sering speed 160 (sendiri) uber2an sama innova cukup okkke padahal semua standart….yg paling penting n yg sy terapkan sama sperti kita manusia habis kerja berat porsir tenaga ya di terapi lah…minum jamu makan yg enak n bergizi,apalagi apv hahha..haaa…perawatan berkala bro…bisa beli mobil harus siap merawat dan memanjakannya,merawat dgn montir yg professiona…APV yess….

    • Suzuki Jogja September 12, 2013 pada 12:18 pm #

      Anda sungguh orang yang beruntung karena beli apv mendapatkan barang yang bagus tidak bermasalah apalagi apv yang secara aerodinamis tidak dapat mencapai kecepatan 160km/jam

      • Saputra September 16, 2013 pada 2:18 am #

        keluhan jarum indikator panas yg tidak normal (apakah over heating?) sudah saya chek di SBM. Kata Suzuki mobil saya normal panasnya(setelah dari SBM memang jarum kembali normal). Satu minggu kemudian…jarum tdk normal lagi. Saya coba bersihkan radiator dan ganti water coolant. Oke siiippp. Tapi….itu hanya dua hari aja, setelah itu panas lagi!!!!!!!!!!!!
        Saya check ,air radiator tidak jalan normal /air tambah naik melebihi biasanya. Apa yg sebaiknya saya lakukan?

  19. Lutfi September 16, 2013 pada 3:48 am #

    permisi agan2,..
    ane mau beli mobil second APV minibus,.. kira2 yang perlu di cek apa aja ya,… mohon bantuan nya gan,… ane beli ini buat usaha,..
    makasi gan ,…

    • Suzuki Jogja September 18, 2013 pada 1:34 pm #

      terutama kaki-kakinya antara lain ball joint, joints tablizer lalu cat masih asli atau tidak, jarak tempuh, dan catatan servicenya

  20. Dhya 204 Oktober 2, 2013 pada 3:19 pm #

    APV Arena Saya Type GL tahun 2008, alhamdulillah sampai skr masih Tokcer dan ga’ pernah ada masalah berarti ….Tenaga luar biasa dan akselerasi mantap yg penting service rutin lari 120KM masih mampu ngimbangi Avanza atau Luxio / Grand max….

    • bidin November 4, 2013 pada 3:03 pm #

      Sama aku punya 2008 gl. Odo 100.200km. kalo 140kpj gampang.

  21. Rianto Oktober 5, 2013 pada 1:08 pm #

    Mas Suzuki Jogja mo tanya, mobil saya suzuki APV 2006 type A, sebulan ini kalo nyalakan mesin mesin kaya endut-endutan, sbentar normal, sbentar endut-endutan lagi kaya mau mati. Ditambah kalo nyalakan AC lebih berasa lagi endut-endutannya kenapa ya? tks sbelumnya

    • Suzuki Jogja Oktober 14, 2013 pada 8:37 pm #

      apabila posisi stationer apabila mobil endut2 and biasanya sudah memerlukan pengecekan mulai dari filter udara, busi beserta kabel-kabelnya, timing belt dan apabila mobil berjalan pelan masih endut2 an yang perlu dicek adalah kampas kopling, matahari dan mekanisme penggerak persneling

  22. Rianto Oktober 5, 2013 pada 1:17 pm #

    Mas Suzuki Jogja!! tambah nanyanya nih, pedal kopling kalo pas mesin nyala bergetar hingga berbunyi kaya beduk (dug dug dug dug….). Kalo di tekan dikit baru kaga bunyi (karena bergetarnya merembet ke kaki). Kalo udah masuk gigi dan jalan ga bunyi, kecuali pas kecepatan rendah mau berbelok ga oper gigi ke gigi 1 pasti ngededel degedekgedek lagi…kenapa ya maz? terima kasih lagi sebelumnya.

    • Hamzah November 4, 2013 pada 4:40 pm #

      mas Rianto, APVku pernah juga kaya gitu, kalau ngak diijak gas ada bunyi duk,duk,duk pada bagian mesin. tapi kalau digas ilang bunyinya. dan kubawah kebengkel ternyata klep pembuangan silinder no 2 bocor, setelah diganti ilang deh bunyinya .

      • waskita dwi saputra November 18, 2013 pada 12:22 am #

        Membaca satu kelemahan Suzuki PAV adalah ban depan akan aus lebih dulu bagian dalam sehingga disarankan rutin dirotasi. Yap….sudah aku lakukan. Tapi dalam jangka satu minggu setelah itu, mobil terasa berjalan di aspal bergelombang. Saya cek ternyata ada satu ban depan (sebelah kiri) yg aus agak dalam (hanya satu bagian saja, tidak merata disisi dalam semua). Kenapa ya??????????   Waskita Dwi P Meta 3 Ngayogjokarto (0274) 6499525 ; 0813 294 174 38

      • Suzuki Jogja Desember 17, 2013 pada 1:48 am #

        seharusnya .. konstruksi mobil APV di evaluasi oleh pabrik .. dan prinsipnya sama ban semua mobil sebaiknya dirotasi .. tapi untuk ban depan kanan apv kondisi sangat parah 20.000 km ban sudah tergerus habis …. sedang yang lain samapi 80.000 km baru menceng

      • Wiku Desember 17, 2013 pada 2:05 am #

        APV arena 2008 saya, saat km 10rb, diingatkan oleh bengkel agar setting ulang wheel aligment (bhs umum spooring), krn potensi termakan di sisi dalam.
        Ternyata, stl diset ulang, sampai ban tsb ganti (krn tipis) di km 70rb, habisnya bisa merata.

  23. Hamzah November 4, 2013 pada 4:29 pm #

    APVku tahun 2005.kenapa yah tarikannya lamban, apalagi mindain dari gigi rendah ke gigi tinggi, misalnya dari 3 ke 4, padahal udah ganti kampas kopling

  24. yono Januari 7, 2014 pada 1:52 pm #

    selamat tahun baru untuk para pengguna APV.
    apv ane tahun 2010, emang mesinnya top cer jalan 120 km masih stabil. tapi persoalan ban cepet aus bikin stress.. baru beli ban achiless bulan september, 5000 km udah botak yang depan bagian dalamnya. apa merk ban + jarang sporing mempengaruhi keausan?.
    bos bengkel apv di jakarta yang ahli spooring biar penyakitnya permanen lenyap dimana ya?

    • Suzuki Jogja Januari 8, 2014 pada 7:38 am #

      iya om APV mesinnya bagus tidak rewel yang rewel kaki-kakinya… itu ternyata itu bawaan lahir jenis van milik Suzuki mulai dari segala model suzuki carry sampai sekarang APV sama saja penyakitanya yaitu ban depan kanan cepat aus … solusi permanan tidak ada hanya sering-sering spooring padahal biaya sepooring RP 250.000 dan harga ban kwalitas bagus jenis brigestone Ecopia 150 hargannya hanya RP 600.000 jadi spporing 3 x sudah dapat ban baru… memang sangat menjengkelkan dan kelihatannya pabrik tutup mata untuk itu… makannya dalam daftar kejelekan suzuki apv kita masukkan ban depan kanan yang yang miring .. sulusi permanan ya di dijual aja ganti mobil yang lebih bagus.. bagaimana mobil murah kok perawataanya melebihi mobil sekelas fortuner atau pajero !!
      Kalau and penggemar mobil van … beli saja L300 terbukti tahan banting betahun tahun hanya saja dieselnya masih biasa sehingga keluar banyak polisi dan suaran sangat berisik, jangan beli Pregio atau Travello karena mesinnya cepat rusak, spare partnya sangat mahal dan langka. Kalau ada buged beli Izusu Elf dengan mesin yang jenis NKR agar kuat ditanjakan, kalau pingin agak lux belilah Toyota Commuter

      • Wiku Januari 8, 2014 pada 8:20 am #

        APV arena 2008 saya, pas ganti ban di km 70 ribu, habis relatif rata.
        Di awal servis (sekitar km 10rb kalau gak salah), diingatkan bengkel kalo butuh spooring krn gejala ban depan abis di sisi dalam. Kemudian spooring di bengkel ban di jl Pajajaran, bogor; dan ternyata abis ban bisa rata.

  25. Saputra Januari 9, 2014 pada 3:36 am #

    Apa fungsi re-start? Apakah pada APV juga harus rutin re-start (ada atau tidak ada gejala kondisi mobil)? Dan apakah ada hitungan kilometer idealnya re-start (jika memang perlu rutin)?
    Matur nuwun

    • Suzuki Jogja Januari 10, 2014 pada 10:30 pm #

      Mas Saputra, maksudnya re-start apa ya ? Apa maksudnya tune up ? kalau itu tidak ada batasan..

  26. danang Januari 18, 2014 pada 1:51 pm #

    haloo,, salam apv arena,, sy baru sj jatuh cinta,, dan 5 januari kemarin resmi sebagai pemakai pemula apv arena,, mohon dibantu y,, kalo ada apa2,, trmkasih shareny,,

    • Suzuki Jogja Januari 19, 2014 pada 11:13 am #

      Ya baca2 tulisan nanti apa yang tertulis mesti terjadi pada kendaraan anda ! karena memang tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pemilik mobil APV dari 0 Km dengan intensitas pemakian yang tinggi, sehingga anda dapat melihat urutan yang akan terjadi pada mobil APV anda, biasanya pemilik bangga dengan mobilnya sehingga kelemahan mobil tersebut tidak pernah diceritakan kepada orang lain.

      • MAS BOY Januari 24, 2014 pada 9:48 am #

        MAs, numpang curhat nich….Stir mobil saya (apv)bunyi kletek kletek..itu harus ganti bosstir atau bisa di kencangkan dikit.mohon penjlasanya……..

      • Suzuki Jogja Januari 25, 2014 pada 1:34 pm #

        coba check bagian joint stabliser dulu sudah oblak apa belum

  27. anwar Januari 28, 2014 pada 7:46 pm #

    saya baru beli apv dari depok bang,tak bawa pulang enak mesin maupun kaki tidak rewel.tapi setelah seminggu muncul penyakit bila langsam terasa mesin ginjal,apalagi kalau pas di ac malah drop kira2 apanya ya bang?

    • Suzuki Jogja Januari 28, 2014 pada 8:46 pm #

      bawa ke bengkel resmi saja kan masih garansi … kalau mobil lawas kalau ac hidup mesin drop berarti ada masalah di motor listrik ACnya yan terlalu berat karan kalau power apv tidak tergannggu dengan AC

  28. anwar Januari 29, 2014 pada 4:59 am #

    apv saya gak beli baru gan?tahun 2004 tapi mesin kayak pincang gitu umpama dibawa ke deler resmi kira2 biaya servicenya mahal gak ya gan?

  29. Akim Februari 10, 2014 pada 4:18 am #

    Saya juga punya APV Pick up 2011, mesin bagus, tenaga bagus, hanya saja ban depan kiri dan kanan harus sering dispuring, cepat pincang. Mungkin saja tirod /reckendnya kalah, tapi dicek Suzuki tidak bermasalah. Gigi 1 dan Gigi mundur sering keras, saya kadang main gasnya saja, langsung bisa masuk giginya. Aki so fas is ok, karena tidak ada beban tambahan selain lampu2 standar bawaan fabrik.

  30. aldo Februari 10, 2014 pada 8:44 am #

    hai semua,,,mohon bantuannya..saya punya apv tipe x th 2005, udah setahun terakhir, blm dapat jg penyakitnya yakni sering endut2an, tarikan gasnya sering ngosong, pdahal msalah pngapian ama bhan bakar udah saya ganti sprt : busi dan kabel2nya, pompa minyak, nosel sudah dibersihkan, bahkan saya mngganti prodo kopling sama matahar…mpe skarang pnyakitnya belum ketemu….mohon bantuannya…

  31. firmansha Februari 18, 2014 pada 5:10 am #

    Koilx uda d ganti apa blom pak

  32. dadan Februari 21, 2014 pada 11:04 am #

    Aki apv sy ganti dgn amper yg lbh besar n pake aki kering…mantap bos…

  33. Aris Maret 17, 2014 pada 2:33 am #

    Gan sy mau tanya mobil cary injection th 2007 kalau kabel ke koil tidak ada strum nya kerusakan nya apa ya,coil sudah dganti ori tetap tdk ada strum

  34. widay Maret 20, 2014 pada 10:07 am #

    Sy baru pakai APV 2010 sgx matic, selama sy pakai semua normal aja tidak ada keluhan , tapi beberapa hari ini kalau mesin lg langsam (berhenti mesin hidup) sidik ada suara siulan kecil & sedikit berdengung ,kenapa yaa

  35. den danang eko April 2, 2014 pada 1:37 am #

    sy pengguna apv arena gx 2013,, sampai sekarang alhamdulillah masih sehat wal afiat,, trmakasih suzuki,, nganggu apv,, ” q ora po po “

Trackbacks/Pingbacks

  1. Suzuki Apv Dijual | 1go123.com - Januari 11, 2013

    [...] suzukijogja.wordpress.com [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: