Suzuki APV kok tidak di-recall ?

22 Jul

Berikut ini adalah sebuah berita yang  recall produk Hummer

AMERIKA, KOMPAS.com — Bagi pemilik Hummer H3 di Indonesia, ada informasi penting dari Amerika. GM mengumumkan recall terhadap SUV yang jumlahnya 164.190 unit itu. Tak hanya H3, GM juga menarik Corvette, yang seluruhnya berjumlah 40.000 unit. Hummer yang ditarik produksi 2006 sampai model 2010. Jika ditambah dengan yang dipasarkan di seluruh dunia, jumlahnya mencapai 198.404 unit. Juru bicara Hummer, Nick Richards, mengatakan bahwa lubang ventilasi di bawah kap mesin kemungkinan bisa copot. Bagian tersebut bisa terdeteksi kala SUV tersebut sedang dikemudikan. Masalah pada komponen yang berfungsi mendinginkan mesin ini juga pernah terjadi pada Hummer model lama. Richards menjanjikan perbaikan secepat mungkin. “Sejauh ini, baru dua yang komplain dari Amerika dan tiga dari Jepang,” ungkapnya. “Jika mobil sedang dikemudikan dan itu terjadi, sangat berbahaya sekali. Komponen tersebut bisa melukai atau merusak kendaraan lain,” sebut Lembaga Keselematan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA).Sementara itu, untuk Corvete, mobil yang ditarik adalah hasil produksi 2005 dan 2006. Problemnya ada pada kemudi. Maret lalu, GM juga sudah melakukan recall 1,3 juta Chevrolet Cobalts dan Pontiac G5 dengan penyakit yang sama.

Sekarang kembali ke Indonesia, produk Suzuki APV yang penuh dengan kelemahan  sudah diketahui banyak orang baik pemilik maupun bengkel resmi atau tidak resmi seperti yang tertulis di artikel sebelumnya:

1.  Aki yang cepat jebol karena air aki cepat mendidih.
2.  Posisi spooring ban yang berubah-ubah.
3.  Suspensi yang kurang nyaman .

Hal itu sangat  menyusahkan pemilik APV  karena walaupun baru keluar dari toko untuk type apapun, pasti pemilik harus memasukkan ke dalam bengkel ataupun harus membeli orderdil baru pengganti sepertinya kendaraan itu dirancang dan diproduksi asal-asalan namun ternyata pernah tidak direcall ataupun dikoreksi, bahkan masih saja diprokduksi besar-besaran.

Nah .. selama mobil APV itu masih ada yang beli apalagi laku diekspor maka sangat mustahil akan adanya perbaikan atau koreksi rancang bangun mobil tersebut, apalagi di Indonesia belum ada cerita sebuah produk otomotif  ditarik dari peredaran karena cacat produksi..apalagi mobil murah sekelas APV yang beli hanya orang2 miskin yang butuh kendaraan ,  mana berani komplain.

About these ads

27 Tanggapan to “Suzuki APV kok tidak di-recall ?”

  1. Ady Nda'bLegd Desember 18, 2011 at 3:28 am #

    ah masa, yg bener mas, jangan bohong anda.. jgn jelk2in produk suzuki dong?

    • Suzuki Jogja Desember 18, 2011 at 5:33 pm #

      Kalau banyak pemilik APV berkata sama antara lain: ban depan bawah sopir miring … aki cepet jebol.. dll apa kita njelek2an Suzuki, tanya aja bengkel spooring atau bengkel aki?? mereka akan berbicara jujur tentang itu. Harusnya ini koreksi buat Suzuki agar bikin produk dengan mutu yang lebih bagus.

      • tarigan Mei 30, 2013 at 3:35 pm #

        Aku pake apv dari 09-2008 sampe skg. Kalo ban depan emang betul hrs di sporing. Battray 2 thn bru ganti. Yg skg udh mau 3 thn msg mantap. Ac + musik idup mesin idup lah mereka. Odo udh hampir 90.000km. Blm ada niat ganti mobil.

      • Suzuki Jogja Juli 4, 2013 at 10:38 pm #

        kalau lokasi rumah anda di kota tidak masalah tapi kalau anda hidup di luar kota akan lain

    • yogi Februari 1, 2012 at 2:43 am #

      sy pakai apv 2004
      saya pakai aki hybrid, kl sering kontrol usia bs sampai 1,2 – 1,5 thn
      motor fan sy pernah ganti yang kw (kt yg jual ori) bertahan cuma 3 bulan, tapi kalau yg ori bs 3 thn
      kl spooring tergantung jalanan yg sering dilewati, kalau rusak ya hrs sering dispooring

      • isman purwanto Agustus 22, 2013 at 12:52 am #

        accu hibrid itu apa accu kering mas? motor fan yang ori brp mas?

      • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 at 1:32 pm #

        aki kering tidak kering sama sekali.. hanya air dibuat seperti pasta.. motor fan hanganya 450.000 ongkos pasang di bengkel resmi 250.000

  2. Zee April 4, 2012 at 4:25 am #

    Saya pemilik APV 2006 dan sudah Hampir 6 tahun mobil dipakai ,tercatat jarak tempuh sudah mencapai 170.000 KM , Accu baru 2x setelah penggantian Accu bawaan mobil , Motor Fan masih bekerja dengan baik , Tierod dan kaki2 baru bulan ini diadakan penggantian berikut dengan penggantian shockbreaker depan belakang dan waterpump. Dan untuk sekedar berbagi informasi , bahwa mobil saya tidak pernah dibawa untuk tune up atau apapun , cukup routine penggantian oli mesin setiap 7000 Km ( T*TAL 10 W 40 ) diikuti penggantian filter oli , dan pembersihan air filter . Busi diganti setiap 15.000 KM ( A*TOLITE ) , Dan penyemprotan DCS cleaner pada throttle body . serta dilakukan carbon clean setiap jadwal penggantian timing belt secara berkala , dan hingga saat ini tidak ada masalah dengan mesin dan kelistrikannya , FYI Top speed berkisar 150-155.Kpj masih enteng diraih.
    Dan untuk informasi , atas informasi yang beredar bahwa body APV itu terlalu tipis platnya , mohon check kembali ketebalan plat yang dipakai oleh kompetitor yang “apple to apple “.

    Jadi mohon check FACTUAL nya atas informasinya , bukan sekedar mendengar saja.

    terimakasih,

    APV User

    • Suzuki Jogja April 6, 2012 at 10:46 am #

      seperti beli lampu tergantung nasib dapat barangnya ada yang cepat mati ada pula yang awet

  3. Tarigan Zainal April 5, 2012 at 1:58 am #

    Aku punya apv 2008 s/d skg gak ada masalah seperti yg di ceritakan di atas..

  4. Tarigan Zainal April 5, 2012 at 2:01 am #

    Aku pake apv sejak 2008 s/d skg blm pernah ada masalah seperti yg di atas… kalo aki pas 2 tahun mati total. Beli baru s/d skg masih bagus km skg 75.000km..

    • Suzuki Jogja April 6, 2012 at 10:44 am #

      bener kalau gak lupa nambar air aki akan awet

  5. Mas Mumu Juni 18, 2012 at 10:59 pm #

    saya pakai APV 2009, sampai sekarang alhamdulillah ga ada trouble

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 at 2:56 pm #

      bener om apv itu bentuk lain suzuki carry pick up, sebenarnya mesin sudah teruji di model pick up sehingga untuk mesin jarang trouble,

  6. woles Juli 7, 2012 at 2:13 am #

    Apv sya thun 2007 yg type X,,yg sya keluhkan adlah bensinnya yg sangat boros apa kah itu wajar??
    Dan bgian blkang mobil jka trjdi hentkan mka akan brbunyi brisik
    Knpa bsa bgtu??

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 at 3:02 pm #

      Kalau APV yang belum seri Arena bbmnya memang sedikit lebih boros, karena stelan derajat yang behubungan dengan klep berbeda, kalau boros sekali check bagian filter apakah sudah terlalu kotor perlu diganti, kalau diganti harhanya juga tidk maha hanya 75.000 saja ? kalau bagian belakang berisik coba periksa per daunya atau shok breakernya yang sudah kering.

    • bowo November 15, 2013 at 10:02 am #

      emang boros om, ganti olinya pake petro canada supreme 10w40. jadi enteng akselerasinya. oli juga pengaruh ke konsumsi bbm. walaupun pake oli mahal kalo ga cocok percuma aja. oli ini penggantiannya tiap 20.000km.

  7. Iwan Juli 21, 2013 at 7:56 pm #

    Suzuki Saya pakai APV sudah 2x pertama 2008 saya jual 2010 langsung ganti APV baru 2010, memang masalah yg paling sering adalah Ban depan kanan, saya harus sering spooring 2 bulan sekali, kalau masalah aki itu mutlak kesalahan dr pabrikan, liat aja tempat akinya masih ada lebihan panjang, tapi konsumen dikasih aki yg kecil, ya pasti cepet abis airnya, apa lagi dimobil dikasih fariasi yg berbau listrik, Saran Saya yg punya APV, lebih aman aki diganti yg kering dan besaran sesuai wadahnya. Sebab pabrikan APV enggak mau ngerubah aki and chamber depan yg enggak bisa distel. ” Saya pecinta APV ARENA” mohon agar SUZUKI koreksi lagi dong, soalnya sya mau ganti lagi nich, trims…

    • Suzuki Jogja Juli 24, 2013 at 12:22 pm #

      Mas betul sangat menjengkelkan oleh sebab itu saya menulis blog sebagi bentuk protes ke Suzuki agar lebih menghargai konsumen.. Sebagai mobil kedua saya sudah beli Innova seri G nanti saya tulis artikel perbandingan antara Suzuki Apv dengan Innova

      • Iwan Juli 26, 2013 at 8:33 am #

        Saya berharap Suzuki menanggapi dengan positif, sebab APV itu kan terkenal dengan produk Lokal, alias karya anak bangsa, tunjukan dong bahwa kita tidak kalah dengan karya anak bangsa lain, sudah jelas kok yg sering rusak itu-itu aja, Aku tunggu APV yang terbaru nich. Bos kalau innova jelas lebih enakkan, kan harganya lebih mahal, tapi kalau dipikir udah mahal boros pula, opo ra mending SERENA wae Om…

      • bowo November 15, 2013 at 9:57 am #

        ya ga bisa dibandingkan dengan innova bung

  8. isman purwanto Agustus 22, 2013 at 1:00 am #

    makasih agan2 info2nya, ane baru belajar tentang APV nih………

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 at 1:37 pm #

      ya bung itu pengalaman bersama apv dari 0 km sampai sekarang 170.000 km atau 170 x anyer-panarukan

  9. Andy wg September 10, 2013 at 5:00 am #

    Perasaan masalah ban depan APV lebih sering minta dispooring banyak faktor yang mempengaruhi, kalo gak salah settingan chamber, chaster ban dibuat lebih keluar dikarenakan faktor kondisi penumpang, barang di Negara kita yang memang selalu lebih dalam segalanya (ya lebih jelek jalannya, ya gaya mengemudi yang lebih, ya bobot barang/ manusia yg diangkut lebih) hehehe, kalau bandingkan dengan I***va ya beda antara langit dan bumilah, mungkin kalau mau bandingkan sesuai dengan kelasnya, tapi yg jelas dikarenakan adanya faktor penggunaan power sterring yang semakin meluas membuat si pengemudi sering menekuk setir sampai batas maximal kemampuannya, tidak seperti jaman sebelum penggunaan power sterring meluas, pengemudi masih mau mengayun (istilahnya) dalam manuver di ruang yang sempit. permasalahan bagian belakang bunyi juga banyak faktor apakah per daun (u seri apv lama) sring dibersihkan/ tidak, kondisi bushing veer apakah ssudah habis, atau u seri yang lebih baru karet2 bushing dalam rangkaian suspensi belakang masih utuh tidak, terus gaya menutup pintu belakang apakah langsung dihujamkan dari posisi terbuka penuh ke posisi menutup atau diperlakukan dengan halus saat menutupnya (seperti menutup bagasi sedan). u/ extra fan/ cooling fan, biasanya ada kesalahan dalam mengambil jalur listrik u tambahan, pengalaman saya di T***ta Cr..on..salah ambil jalur listrik akhirnya merembet kemana2 (error) semua, tapi yang jelas sebaik/ semahal apapun merk kendaraannya kalau kita tidak memperhatikan SOP, karakternya, kelemahan dan kekuatannya sama saja, kalau plat tipis ya memang berkaitan dengan harga jual dan ongkos produksi, tapi rata-rata semua mobil di Indonesia plat bodi untuk masa sekarang lebih tipis, malah bis aja karoserinya sudah ada yang bagian muka dan belakangnya pakai fiberglass (karoseri L*k**na), kalau mau yang tangguh, murah meriah, badak bisa (maaf) diperkosa ya pakai saja SJ 410 asalkan siap parem kocoknya..hehehe.

  10. bowo November 15, 2013 at 9:55 am #

    apv saya tahun 2005 saya pake sampe 180.000 km, saya pake selama 7 tahun. sekarang saya ganti pake aarena tahun 2012. kalo cuma spooring aja itu sih wajar kan sekalian rotasi. accu mah tergantung produknya, ga ada mobil bikin usia aki pendek. motor fan yaa karena cuma 1, kerjanya untuk mendinginkan radiator dan condencor pasti akan lebih mudah aus dibanding dengan yang fannya 2. tapi sekarang bisa dimodifikasi menjadi 2 fan supaya kerjanya tidak terlalu berat. saya tak bisa pindah kelain hati, suzuki apv arena is the best.

  11. budi Januari 18, 2014 at 7:29 am #

    kopling apv sya tidak keras, tapi kadang bunyi “bred” (bukan berdecit), dan gigi satu n mundur keras, harus dipancing ke 3 br gampang masuk gigi 1. apakh harus ganti kopling dkk-nya?

    • Suzuki Jogja Januari 19, 2014 at 11:17 am #

      ya seperti itu APV, biarkan saja, kalau berharap lebih baik, dibawa ke bengkel resmi, nanti disarankan untuk ganti 1 set kopling (kampas dan matahari) seharga kurang lebih 1.8 juta, dan hasil sementara terasa seperti mobil baru, setelah 50.000 km, masalah akan muncul kembali seperti semula kompling susuh masuk.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: