Kampas Kopling APV Sudah Mulai Aus

27 Jan

kampas-koplingMulai dari  0 km sampai dengan  100.000 km dibagian kampas kopling  mobil APV secara normal tidak pernah ada masalah, akan tetapi karena pemakian sedikit demi sedikit perpindahan gigi mulai berat dan  pedal kopling jadi semakin berat, ini menandakan bahwa  kampas kopling dan semua penunjangnya mengalami keausan, keausan semakin dipercepat dengan kesalahan yang biasa anya dilakukan pengemudi adalah meletakan kaki pada pedal kopling selama mengemudi. Keausan kampas kopling yang mengakibatkan tenaga mesin tidak tersalur dengan baik, ini biasanya disertai dengan keauasan pada dreglaher laher yang mendorong kampas kopling.

Pada kilometer lebih 100.000 km  bisanaya kampas kopling sudah mulai rusak dan aus. Kerusakan bisanya ditandai dengan timbulnya suara suara berisik ketika pedal kopling ditekan, bunyi seperti ini disebabkan karena dreglaher  yang mendorong kampas kopling sudah aus sehingga ketika pedal kopling ditekan akan menimbulkan decitan. Bunyi berisik di bagian ini disebakan juga disebabkan juga oleh per yang sudah kehilangan daya tekan, tetapi dapat juga per kampas kopling yang menggesek onderdil lain karena disebabkan kampas kopling APV semakin tipis. Jangan biarkan suara-suara aneh tersebut berlanjut karena apabila dibiarakan keausan akan menjalar ke mana-mana sehingga biaya perbaikannya menjadi sangat tinggi karena banyak sekali onderdil yang harus diganti.

dreglaherUntuk untuk memperbaiki kampas kopling biasanya bengkel resmi akan menyarankan pergantian 1 set kampas kopling beserta onderdil penunjangnya yang keseluruhan harganya  onderdil beserta ongkos kerjannya dapat mencapai RP  2 juta. Pada kenyataanya pengantian kampas kopling APV  tidak harus satu set, tergantung dari tingkat keausannya.  Apabila masih dalam taraf keausan norma peralatan yang diganti hanyalah kampas kopling dan dreg laher saja sedangakan onderdil yang lain seperti plat mataharinya masih baik. Penggatian kampas kopling beserta dreglaher di bengakel non resmi dengan menggunakan kampas kopling original dan dreglahernya dan ongkos kerjanya menghabiskan dana RP 750.000.

Untuk keausan dreglaher, bengkel non resmi langanan begitu mesin dihidupkan langsung menerangkan bahwa kerusakan ada pada dreglaher dan mengatakan bahwa sudah menjadi ciri APV adalah  dreglaher yang cepat aus karena  bola-bola baja yang ada didaklam derg laher  dirangkai dengan plastik, akan tetapi lebih baik kampas kopling diganti sekalian karena dengan jarak tempuh yang lebih dari 100.000 km kamps kopling sudah pasti aus dan tipis.

Semoga berguna,

About these ads

13 Tanggapan to “Kampas Kopling APV Sudah Mulai Aus”

  1. nofri Maret 29, 2013 at 3:56 pm #

    salam otomotif
    saya mau tanya saya baru ganti koling 1 set mobil apv arena yang asli SGP. kenapa pedal kolingny bergetar itu sering terjadi pada mobil apv , kira-kira penyebab ny apa .

    tq sebelumny

    • Suzuki Jogja April 3, 2013 at 12:31 pm #

      kampas kopling belum mapan, bisa juga masangnya kurang pas atau typenya kampas koplingnya yang salah karena untuk kopling APV Arena tidak sama dengan kopling APV non Arena nomer serinya loh, tapi kalau masih ada suara aneh ketika pedal kopling ditekan itu dreg lahernya yang error

    • begeng November 20, 2013 at 4:20 am #

      Udh brp km perjalanan arenanya?
      Aku puya udh 101.000km tapi blm ganti. Apa aku ganti aja sebelum abis kampas kopoingnya?

      • Suzuki Jogja Desember 17, 2013 at 1:45 am #

        tergantung sopirnya kalau sering setengh kopling mak kampas cepat habis

  2. begeng Desember 29, 2013 at 12:15 pm #

    Bravo…
    Kadang susah masuk gigi 1, biar gampang aku sering masuk gigi 3 dulu bru ke gigi 1. Apa itu tanda kopling udh aus? Tq

  3. legimun Maret 22, 2014 at 8:01 am #

    Hallo saya mau bertanya nich…

    Suzuki arena saya kalau lagi berjalan di jalan berlubang timbul suara gluduk – gluduk …kira kira apa yg haris saya benahi ya..?

    Bls

    • Suzuki Jogja April 5, 2014 at 6:44 am #

      Suspensi depan gluduk, cara tercepat adalah harus ganti per merek brc harganya 300 ribu atau ganti per milik karimun, namun anda akibatnya mobil agak limbung kalau penumpangnya full .. bisa join stabilizer mungkin oblak, ball join juga mungkin kering atau sudah aus.

  4. edi Juli 7, 2014 at 5:47 pm #

    Sy punya Apv tipe L 2005. Permasalahannya jika mobil akan mencapai kecepatan 60km, terasa berat. Dan mobil menderung. Untuk mencapinya harus dengan RPM tingi! Sy cek kampas koplingnya masih bagus. Untuk suara gemuruh. Sy cek klaher roda juga tidak ada masalah. Suara gemuruh terjadi
    pda kcepatan 80km. Suara seperti mengayun-ayun

    • Suzuki Jogja Juli 8, 2014 at 5:52 pm #

      Ganti aja kampas kopling satu set beserta matahari dan laher2nya .. maklum dari tahun 2005 kalau dibengkel resmi kira2 danannya 1,7 juta tampi original semua.

      • Luiz September 20, 2014 at 8:09 pm #

        mau tanya donk untuk shock depan dan belakang pake apa yg bagus buat apv arena 2010 udah mulai ga nyaman krn dipake buat travel

      • Suzuki Jogja September 20, 2014 at 10:57 pm #

        Paling paling aman pake yang ori suzuki jangan coba2 pake soc, hbreaker pengganti nanti dompet anda jebol, karena memang tidak ada shock pengganti yang cocok

  5. hasoloan Oktober 10, 2014 at 9:11 am #

    saya punya apv gl,,saya harus melepas semua pedal copling baru bisa jalan,,apa ini tanda copling habis atau setelan nya ter lalu tinggi

    • Suzuki Jogja Oktober 14, 2014 at 1:35 pm #

      Kampas sudah habis om bahaya kalau teatap dipakai

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: