Mengatasi boros air aki pada Suzuki APV

19 Jul

Seperti yang tertulis dalam artikel sebelumnya bahwa air aki yang cepat habis merupakan salah satu kelemahan mobil Suzuki APV, sehingga disarankan agar pemilik kendaraan rajin negontrol posisi air aki, agar jangan melewati garis bawah. Apabila kita lupa mengisi ulang air aki maka berakibat fatal karena sel-sel aki akan langsung rusak dan berakibat fatal, karene dengan system yang serba elektronik  dari power window sampai dengan motor injeksi bahan bakar semua digerakan oleh listrik. Apabila aki yang rusak pemilik mobil harus segera  mengganti aki yang telah rusak, karena apabila tidak pemilik akan kerepotan untuk menghidupkan mobil, karena mobil injeksi, tidak dapat dihidupkan dengan cara didorong.

Tanda tanda kerusakan yang disebabkan oleh air yang habis:

1 Air aki yang berada didalam sel-sel berwarna hitam.
warna hitam ini desebabkan karena terbakarnya sekat pemisah antara timbal hitam dan timbal putih, apabila kedua komponen ini bersentuhan maka  terjadi hubungan pendek dan tidak ada reaksi yang menghasilkan  listrik.

2 Air habis dalam waktu singkat
Walaupun air aki ditambah pada sel yang teah terbakar, akan cepat habis, ini dkarenakan adanya hubungan pendek di dalam sel aki sehingga memimbulkan panas yang menguapkan air yang ada di dalam sel.

Penanggulangannya:
Kita tidak bisa berbuat banyak untuk kasus air aki yang cepat habis karena ini dimungkinkan arus  lisrik  atau voltase yang berasal dari dinamo mobil APV terlalu besar sehingga  meninbulkan panas yang berlebihan, sebagai penanggulangannya dianjurkan sbb:

1. Pemilik kendaraan rajin mengecek posisi air aki seminggu sekali.
2. Ganti aki bawaan Mobil Sazuki  yang berkapasitan hanya 40 amper disarankan diganti dengan aki yang sama ukurannya akan tetap kapasitasnya besar , sekitar 60 amper
3, Ganti dengan aki kering,  aki calcium atau aki low maintenance yang air akinya tidak perlu dicek setiap minggu, sehingga kita ter bebas dengan perawatan aki.

9 Tanggapan to “Mengatasi boros air aki pada Suzuki APV”

  1. arie Januari 26, 2012 pada 3:20 pm #

    waduh bnyak juga kelemahan suzuki APV

    Kyk nya harus ane jual cepat2 ne

    • zam Januari 29, 2013 pada 2:04 pm #

      untuk menyelesaikan masalah ni saya pakai bateri free maintenance.insya allah kepala tak pening nak selalu check air bateri.

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 pada 1:58 pm #

      Jual saja untuk beli mobil yang reputasi nya lebih baik.. tetapi penulis tidak menyarankan untuk membeli sebuah merek, tapi penulis saat ini sudah punya mobil baru Toyota Innova Diesel … pemakian 10.000 km akinya tidak perlu ngisi air, dan dari uji coba sendiri konsumsi BBM lebih irit dari pada APV (untuk luar kota apv 1= 10,5 Innova 1 Lt solar = 13.9 km). Sebelumnya mau beli Nissan tapi salesnya terlalu ngejar untung, omongan tidak sesuai kenyataan sehingga tidak jadi.

  2. dikdik gg. awug kopo katapang April 11, 2013 pada 9:10 am #

    Wehhh pantessss …… sekali waktu saya lupa ngisi air aki, gak bisa distater. lalu saya isi air aki … dan grengg bisa hidup. selang 2 minggu, gak bisa distater lagi, liat lampu kucing di aki gak ada tanda merah atau biru. trus saya liat satu persatu air akinya, saya kaget , kok cepet sekali air aki habis. segera saya isi, tapi masih gak hidup. cek ke toko aki …. wahh selnya ada satu yg mati, kepaksa genti aki yg sama. mangatus rebwu …

    • Suzuki Jogja April 30, 2013 pada 11:23 am #

      Kalau akinya diganti yang ukurannya sama ampernya besar bisalebih awet samapi setahun lebih.. tapi jangan sampai kehabisan air.. air akinya juga pakai yang bagus .. maha dikit gak cepet ngusak sel.. yang paling berbahaya adalah air aki yang ditambahi air zuur .. bukan air suling gambarnya persis dengan merek jago..

  3. isman purwanto Agustus 22, 2013 pada 12:48 am #

    APV ku pakai accu kering, dari beli udah pakai Accu kering, mungkin pemilik lama udah tahu kelemahan accu basah kale, yah lumayan masalah udah ada yang ngatasi, ane tinggal pakai aja.

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 pada 1:30 pm #

      Lokasi aki panas sekali dekat dengan manifold knalpot ada baiknya akinya dibungkus dengan sarung aki yang dapat dibeli di toko aki kalau tidak bikin sendiri dengan spon peredam yang ada aluminium foil nya

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 pada 1:50 pm #

      teman saya pemilik apv juga sama karena aki basahnya hanya bertahan 1 tahun saja .. itupun kalau tidak terlambat.. solusinnya memeng aki kering bebas perawatan, tetapi kalau aki kering begitu rusak langsung mati .. tidak ada tanda2 peringatan dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: