Kembali membahas kelemahan kendaraan jenis APV, untuk kendaraan baru biasanya pada kilometer 20.000 akan menjumpai ban depan kanan dibawah supir mengalami kebotakan di bagian dalam. Tingkat keausan antara mobil Apv yang satu dengan yang lainnya tidak seragam tetapi berbeda-beda antara mobil yang satu dengan mobil yang lainnya tergantung derajat kemiringan. Kebotakan bagian dalam ini disebabkan karena adanya kemiringan camber menuju ke negatif. Bedasakan informasi dari bengkei spooring didapatkan informasi bahwa Hal ini memang bawaan alami dari mobil Suzuki Apv, sehingga masalah kebotakan ban depan kanan telah terjadi pada mobil apv baru, terlebih lagi untuk mobil apv yang lama.
Apabila derajat kemiringan ini tidak dikoreksi maka akan menimbulkan ketidaknyamanan suspensi, dan ban yang cepat aus. Masalah kemiringan ban depan apabila tidak segera diatasi ini akan merembet ke ball join atau perlatan kaki kaki mobil yang lain. Berikut ini digambarkan apa yang menyebabkan ban depan kanan dibawah sopir cepat botak .
Silakan lihat gambar disamping kanan, apabila chamber negatif maka ban bagian dalam miring ke dalam sehingga yang cepat aus bagian dalam, apabila chamber positip maka ban bagian luarlah yang cepat aus.
Penyetalan camber mobil semacam apv tidak mudah karena memang tidak ada bagian yang dapat digeser kearah luar ataupun kearah dalam, sehingga apabila ban miring kedalam atau keluar maka selamanya akan miring, padahal nilai kemiringan ban 1 mm pada poros ban akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aus ban semakin besar dearajat kemiringan maka akan semakin cepat.
Untuk mengatasi problem camber, cara yang paling sederhana bengkel spooring mengganti baut chamber yang atas, dengan baut khusus yang dapat digunakan untuk mengkoreksi derajat kemiringan ban. Dengan mengganti baut asli mobil apv ternyata polos (gambar bawah), dengan baut yang berbentuk seperti nokken as (gambar atas) yang terdapat tonjolan yang apabila baut diputar maka tonjolan akan mendorong ban dari posisi derajat negatif menuju posisi derajat positip yang diinginkan sehingga untuk sementara dapat dikoreksi, sehingga masalah kebotakan ban dibagian dalam dapat diatasi. Baut seperti ini dapat diaplikasikan untuk mobil yang lain seperti Toyota Avanza dan lainnya.
NB:
Ada info dari bengkel untuk baut tidak harus diganti, baut untuk ban sebelah kanan seperti gambar diatas (bawah) cukup digerinda saja, sehingga dapat distel untuk mengurangi negative chamber.
ok nih gan artikelnya, copy boleh y :). visit jg ke sini gan http://hargasuzukimobil.wordpress.com/. salam kenal
Beli bautnya dimana ya?
Om dadang dulu saya nemu dibengkel shop and drive jalan magelang ketika saya spooring ban, mungkin juga ada dibengkel lain soalnya di kotak kemasan ada tulisan made in USA
Maaf… untuk baut yang ada tonjolannya dapat dibeli dimana ? Mohon informasinya…
Om Pri dulu saya nemu dibengkel shop and drive jalan magelang ketika saya spooring ban, mungkin juga ada dibengkel lain soalnya di kotak kemasan ada tulisan made in USA. sampai sekarang apv saya tidak ada masalah berkitan dengan kelurusan stelan ban
apakah avp yang keluaran terbaru juga seperti itu soalnya aku baru beli baru 3 bln
Semua tahun produksi bisa kena, karena tidak ada perubahan kecuali hanya motif ban yang ganti karena untuk pergantian 1 part indomobil harus ijin suzuki jepang
kalo saya tiap 10.000km spooring om. saya APV model X 2005 pake 7 tahun. sekarang saya pake Arena GX 2012 2 tahun. semuanya aman selama rajin spooring tiap 10.000km
aturananya memang begitu… tetapi spooring balancing hal yang tidak djelaskan oleh bengkel Suzuki…
Terima kasih di atas segala maklumat.Susah betul nak cari maklumat berkaitan APV di Malaysia. Di Malaysia tak banyak pengguna APV berbanding Indonesia. Saya dah cuba chamber nut yang disyorkan. Menurut mekanik kena selalu buat alignment untuk memastikan tayar berada di posisi yang sepatutnya.
Betul pak, tanpa bergantian baut itu apv harus selalu dispporing untuk meluruskan posisi roda mobil, disini disaran untuk melakukan setiap 45.000 km
Mobil saya suzuki AVP GX, th 2011, km 20600, kondisi ban depan kiri dan kanan bagian dalam sudah botak, kondisi seperti ini sangat merugikan pengguna karena harus spooring. Dan ganti ban
dispooringkan om saja selelan ban terlalu kedalam, kalau ban botak seperti punya apv anda dirotasi dulu om, yang laur ditaruk didepan yang depan taruh belakang
Info saja buat pengguna Suzuki APV yg baru beli, sebaiknya langsung di spooring untuk memastikan centerline tire apakah miring kedalam atau keluar, dari pada baru 20.000 km ban sudah botak dan harus spooring serta ganti ban/tire, yg harga ban cukup mahal +/- Rp 1 jt an / pcs, karena saya sendiri sudah mengalami hal seperti ini,
Kalau pengguna mobil suzuki mau komplain ke dealer suzuki bisa nggak ya, apakah sudah ada yg komplain, thank
Bisa Dijelaskan baut yg diganti diposisi mana? karena sy agak bingung mencarinya. Mohon maaf newbie.
Mohon informasi dimana bisa beli baut semacam itu.
trims
posisinya dapat terlihat diatas shock breaker and Saya waktu itu menemukan bali baut di shop and drive shop waktu spooring APV
mas suzuki, kalo emang baut itu baik utk konsumen, sebaiknya diinformasikan secara meluas kpd pengguna APV dong.
Sayang saya tidak tahu harus kulakan dimana kalau tahu mesti saya jual secara online pasti itu !
Bisa digambarkan posisi bautnya mas, saya kurang paham.
Apa baout yang dishock breaker itu?
dibagian bawah sobeker ada 2 baut baut yang besar yang digrenda
thanks banget infonya…pantes apv saya th 2011 sdh mo ganti ban depan kanan 2 kali, padahal wkt ganti ban pertama jg sdh spooring and balancing,..eh..skrng dah gundul lg (45.000 km). Hrsnya pihak suzuki mngantisipasi hal ini…spy konsumen tdk dirugikan.
Wah,… ternyata itu masalahnya,… pantas aja mobil aku udh botak bannya, padahal baru ( 28,000)
Sering dirotasi aja om, kanan jadi kiri kiri jadi kanan ban yang luar jadi di dalam yang di dalam jadi di luar atau tiap 50 km di spooring balancing
Bisa pesan online disini Gan http://www.tangomotor.com. Disitu ada jual bautnya.
kalo ukuran baut nya untuk mpv arena berapa inci?
kata bengkel yang asli bawaan mobil cukup digerenda saja gak usah beli
selamat tahun baru 2014..para pengemar suzuki..
om suzuki jogja jadi solusi permanennya gmana nich masalah ban cepet botak? dengan diganti baut chambernya menganggu kestabilan mobil ketika kecepatan tinggi nda?
kalo di jakarta bengkelnya dmana? tanya ama bengkel resmi kaga ada. dtanya kenapa mesti rutin spooring nyalahin cara penggunaan. mobil dipake di jakarta biasa bermacet-macet ria di jalan tol. tapi selalu ngebuang ke kiri. masalahanya sama g ama yang lain.. mohon maaf masih newbie.. baru ganti kampas rem depan apv sendiri..