Pergantian Shockbreaker Depan

7 Des

Daripada timbul masalah lagi pada suspensi depan dikemudian hari yang akan merembet ke ban, akhirnya sepasang schockbreaker depan kiri dan kanan harus diganti, .. . Keterangan mekanik menyebutkan bahwa shock breaker bisa saja diperbaiki akan tetapi hasilnya tidak akan maximal karena akan bocor kembali dalam waktu singkat… kalau dikalkulasi biaya yang akan dikelurakan akan sama dengan pembelia shock breaker baru.

Di buku manual atau informasi teknik Suzuki APV tidak pernah dijelaskan type apakah schokbreaker depan APV ternyata Shock breaker bawaan APV adalah shock berjenis oli karena  kalau  shockbreaker ditekan tersebut sampai habis (panjang minimum), kemudian lepaskan, batangnya akan keluar hanya separo.. ya itu menandakan itu shockbreaker menggunakan oli.

Dibengkel sulit mendapatkan barang baru type oli kecuali barang recycle, hanya tersedia shockbreaker dengan merek KYB Ultra type gas double action yang digunakan oleh sebagian besar mobil yang ada di Indonesia. Dengan redaman pada saat compresi dan saat rebaund memberikan tingkat peredaman kejut yang maksimal. Harganya cukup mahal RP 950.000 untuk sepasang shock kiri dan kanan yang menurut keterangan bengkel barang ini akan bertahan sampai dengan 100.000 km setara dengan pemakaian 6-7 tahun APV untuk keperluan keluarga. Total dengan pemasangan dan spooringnya menghabiskan dana yang cukup besar yaitu RP 1.100.000.

Setelah di uji coba untuk dijalankan disegala macam kondisi ternyata masih ada masalah .. pada suspensi depan .. yakni suara-suara aneh yang timbul…  terutama ketika melewati jalan kriting atau polisi tidur … Ah keluar uang lagi karena harus check lagi ke bengkel kaki-kaki mobil mesti keluar biaya.. dan harus dibongkar lagi untuk memastikan apakah pemasangannya shock breaker baru belum pas atau ada ring baut yang tidak dipasang .. ah ternyata ketemu penyebabnya.. karet dudukan shock breaker yang  sudah tidak lagi meredam getaran alias sudah keras dan mengecil…

Oh belum juga selesai .. masalanya. karena sekarang dudukan hanya diganjal dengan ban dalam bekas sehingga dalam masa 3 bulan bodi mobil APV akan bergetar lagi karena karet dudukan  shock breaker sudah berubah..lagi. Harus keluar uang lagi untuk membeli karet dudukan dan biaya untuk pemasanganya….

Ahh…  APV kok seperti itu !

4 Tanggapan to “Pergantian Shockbreaker Depan”

  1. Kucing Garong Desember 23, 2013 pada 2:55 am #

    Patut dicurigai bengkel tersebut jualan shock breaker palsu … atau barang yang mestinya dibuang tapi ..dan bisa saja request management ..untuk tetap memasangkan barang tersebut walaupun ditemukan bahwa barang tersebut cacat .. karena mustahil pemilik mobil ngecek lagi.. karena tidak punya alat… ingat kopmplain setelah garansi habis tidak diterima.. !

  2. yogi Februari 11, 2014 pada 4:38 am #

    Shock breaker APV kayaknya cukup kuat, saya sudah 180.000 km masih normal, hanya pernah diganti karet stopper dudukan shock breaker saja yang sudah mulai tipis harga 90.000 ori X 2 + ongkos pasang jadi sekitar 250K, bunyi oblak klotok2 kalau jalan keriting, saya pakai Maven 2005 spare part body sama semua dengan APV …

  3. ian April 13, 2016 pada 8:58 am #

    Jadi socbeker apa yang cocok untuk mengganti socbeker depan APV

    • Suzuki Jogja Mei 5, 2016 pada 9:48 am #

      sokbreaker aslinya Suzuki om harganya sekitar RP 1.4 perpasang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: