Mereparasi Motor Exaust Fan APV

30 Mar

Pernahkan timbul bunyi gluduk-gluduk pada bagian depan dasbord mobil APV anda ketika mesin dimatikan?  Apabila pernah dipastikan motor listrik yang ada di depan radiator mengalami masalah..

Berdasarkan pengalaman trouble yang terjadi pada motor listrik exaust fan ini belum tentu kerusakan total ..namun  apabila dibawa ke bengkel Suzuki anda akan membayar RP 450.000 untuk motor listrk itu sendiri abd RP 27o.000 untuk biaya pemasangan, karena di bengkel resmi Suzuki tidak menyarankan perbaikan untuk trobel dibagian motor listrik ini akan tatapi pergantian total alias anda harus membeli motor lostrik yang baru.

Kembali jangan percaya dengan mekanik  … ! Walaupun bengkel dari besar resmi Suzuki.. karena terkait dengan point (komisi)  yang didapat apabila berhasil menyarakan pemilik mobil  untuk melakukan pengantian onderdil, ataupun persentase jumlah ongkos pemasangan yang kelak terkumpul.

Berdasarkan pengalaman motor listrik yang berdecit hanya  diakibatkan laker yang kering atau bantalan belakang motor listrik yang teletak berdekatan dengan sikat karbon motor listrik mengalami kekeringan ataupun timbulnya karat pada bagian ini karena masuknya air dan mengeringnya vaseline. Lakukan perbaikan sendiri karena hanya menghabiskan dana hanya sebesar RP 25.000, dengan alat yang digunakan adalah palu, drei dan tang dan bantalan kayu untuk landasan.

Cara mereparasi motor exaust fan adalah sangan mudah,

1. Motor lisrtrik dibleh dulu dengan membuka klem disekeliling bodi motor

2. Tarik perlahan sehingga motor terbeleh menjadi dua

3. Olesi pelumas pada bagian laher depan dan olesi dengan pelumas bagian belakan

4. pasang kembali

5. Apabila tidak berhasi masih mengleluarkan bunyi copot kembali dan ganti laher kecil dibagian depan

6. olesi dengan vaselin yang bermutu, untuk vaselein and depat menggunakan vaselin yang digununakan untu CVT motor matik

7. pasang kembali

8. coba apakah putarannya sudah normal tidak menimbulkan bunyi cit-cit

Dengan reparasi sendiri motor listrik anda dapat berhemat RP 750.000, namun perlu dicermati bahwa untk membeli laker SKF anda perlu berhati-hati karena banyak barang palsu atau barang dengan kualitas yang sangat rendah. Mereparasi tidak perlu dengan tangan anda sendiri anda dapat meminta bantuan bengkel untuk menggati laker keci ini.

Semoga  anda tidak dikerjain mekanik bengkel besar …………

Laker

9 Tanggapan to “Mereparasi Motor Exaust Fan APV”

  1. yuwana s Agustus 18, 2012 pada 7:25 pm #

    makasih infonya
    apv saya ada masalah tapi kurang tau apa penyebabnya apa seperti yg ada di artikel ini atau yg lain
    jadi ketika dinyalakan terdapat bunyi “gluduk-gluduk” saat di gas,gasnya kaya kurang gede. mirip kalo mobil manual kurang gas.
    feeling saya sih businya,mau coba saya cek ada yg mati atau engga.
    yahhh kalo bole saya minta pendapat dari sodara
    terimakasih

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 3:05 pm #

      kalau yang rusak motor fan bunyi gluduk 2 akan terdengar keran ketika ac dihidupkan atau dimatikan tidak berhubungan dengan busi

  2. putumayo Januari 26, 2013 pada 4:19 am #

    Nice info gan…sangat bermanfaat !

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:42 pm #

      kalau kipas itu berbunyi jangan beli baru on coba dicopot dan diberi pelumas saja .. eman-eman belum tentu perlu diganti om. Harganya mahal dan coba ganti sendiri karane pergantian kipas itu dibangkel resmi harganya RP 650.000

      • aris Februari 28, 2013 pada 5:24 pm #

        aku barusan ganti bro di Km 85.000. Hrga 550rb Denso. Ongkos pasang 75rb. total 625rb…..

      • begeng Desember 29, 2013 pada 12:20 pm #

        Masangnya gampang kali. Bagus beli aja brg nya.

  3. zam Maret 2, 2013 pada 6:57 pm #

    Sekadar berkongsi idea.saya pasang extra fan berukuran 12inch kat depan radiator wiring sambung direct dengan motor fan.alternatif untuk mengelakkan overheat sekiranya motor fan sedia ada rosak.selamat mencuba.

  4. irfan Juni 16, 2013 pada 4:10 pm #

    Motor fan udah pernah rusak..nyoba dibongkar ternyata carbon brushnya habis..susah ngegantinya..ampe patah dudukannya terpaksa beli motor fan baru..dgn menebus 270 rb ori..beli di asem reges jakpus..gampang banget ngegantinya ..

    1 lagi mau tanya kalo bunyi nedengung keras lagi di kecepata 40kpj lebih itu dari apa ya? Bunyinya kaya berasal dari bagian depan bawah.. Makasi atas artikelnya ..suwun

    • Suzuki Jogja Juli 4, 2013 pada 10:46 pm #

      ban terlalu keras juga bisa atau steng belt atau ada laher roda yang sudah goyang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: