KYB ULTRA Sockbreaker yang tidak cocok untuk APV

30 Mar

Dalam artikel sebelumnya, bahwa penulis melakukan pengatian shockabsorber  (sokbrker) depan dengan merek Ultra atas saran dari mekanik dari  bengkel SHOP AND DRIVE karena timbulnya gejala ban berbenjol-benjol pada sisi depan .. oleh bengkel ha tersebut diakibatkan oleh shock breaker yang sudah kempes.

Setelah sok terpasang beberapa saat tenyata analisa bengkel akan sokberker yang sudah kehabisan oli ternya tidak tepat, ban benjol -benjol didepat hanya diakibatkan oleh tekanan ban yang terlalu keras .. oh alangkah bodohnya saya pemilik mobil hanya karena  tekanan ban saja yang tidak tepat sampai-sampai menuruti kata2 mekanik bengkel SHOP AND DRIVE yang tidak benar memberikan analisa.

Setelah penggantian ternyata sokbeker merek Ultra tersebut sama sekali tidak cocok karena shockbeaker itu hanya meredam tekanan yang dari atas sedangkan tekanan balik sama sekali tidak teredam samasekali akibatanya apabila mobil melewati polisi tidur akan mengakibatkan bunyi benturan anatara logam yang sangat keras. .. yang tidak terjadi pada sokbeaker asli bawaan mobil APV. Wah benar-benar telah tertipu dengan produk ini.. kalau dilihat bungkusnya sih double action maksudnya schockbreaer meredam dua arah yaitu tekan dari atas dan meredam tekanan baliknya .. ahh ternyata tidak seperti itu.

Dari catatan diatas diharapkan agar :

1 Pemilik APV berhati-hati dengan mekanik bengkel SHOP AND DRIVE yang menyarankan penggantian shockbreaker, disarakan untuk memeriksa tekanan ban dulu apabila ada suara-suara yang aneh.

2. Jangan sekali-kali beli shock breaker di SHOP AND DRIVE karena memang toko itu bukan speacialis shock breaker sehingga mekaniknya tidak tahu sama sekali jenis2 shock yang dieperrlukan oleh sebuah kendaraan. Bengkel terdebut hanya cocok untuk ganti ban dan oli saja sedangkan untuk kakikaki mobil sama sekalai tidak dapat menyelesaikan masalah.

3. Jangan sekali-kali menurut dengan nasihat mekanik bengkel untuk mengganti sokbreaker depan APV dengan merek ULTRA KYB karena tidak meredam tekan balik

Semoga berguna

5 Tanggapan to “KYB ULTRA Sockbreaker yang tidak cocok untuk APV”

  1. Laksono Januari 16, 2013 pada 6:25 am #

    Saya menuesal tidak membaca artikel ini lebih dahulu sebelum mengganti shock breaker saya. Saya mengalami masalah persis sekali dengan pengalaman saudara. Saya memasangnya juga di bengkel Shon and Drive Jalan Kaliurang Yogya. Mungkin saya sudah lebih tiga kali bolak-balik mengeluhkan masalah yang sama. Solusi tidak ada, mekaniknya bekah-bekuh saja tidak tahu apa yang harus dilakukan. Baru saja tadi saya coba buka shock itu. Ternyata panjang as lebih pendek sekitar 2 cm dari yang asli. Apakah ini berpengaruh?

    • Suzuki Jogja Januari 27, 2013 pada 2:24 pm #

      Bener om Laksono, mekaniknya waktu saya beli juga lirik-lirik sik itu didudat-dudut memang mereka tau sudah ada masalahtetapi merak tetap saja memasngkannya, dan memang tidak ada solusi kalau sudah terbeli, bisanaya memang kita tidak menanayakan bagaimana garansinya, kita kalah.

      Bengkel kakikaki mobil pinggir jalan langganan saya mengatakan bahwa banyak yang mengeluh dengan shokbreaker kuning Ultra menandakan bahwa barang tersebut memang jelek dan menyarankan untuk membeli yang berwarna hitam. Berdasarkan pengalaman saya mending sekalian beli shok breaker asli milik APV karena selish harganya tidak jauh berbeda ULTRA harganya 1 pasang 950.000 tetapi langsung ambles, sedangkan shockbeaker yang asli harganya 1200.000 tapi lebih awet sampai 80.000 km.

      Solusi yang terbaik ya kita kampenyekan untuk tidak memakai shock ULTRA untuk jenis mobil apapun apalagi yang dibeli di bengkel shop and driver pasti palsu.

  2. Galant Priyatmaja September 15, 2013 pada 9:36 am #

    menurut pengalaman saya sebagai customer yg pernah jga ganti shock breker KYB Ultra, ternyata cara kerja shock KYB ultra itu yg sya tau sesuai dgn di bungkus nya yaitu double action artinya meredam tekanan dari atas maupun bawah. cara saya mengecek nya yaitu saat shock itu sya tekan terasa berat dan saat saya lepas tekanannya shock itu kembali k posisi awalnya lambat atau saat saya tarik terasa berat oleh karena itu menurut sya cra kerjanya double action. dan setahu sya kalau shock yg jenis premium atau bawaan biasanya cra kerjanya single action atau meredam tekanannya hanya dari atas atau bawah, kalau cra sya cek shocknya saat sya tekan itu enteng tp saat kembalinya lambat dan jika ditekan keras

    bagaimana menurut anda apakah cra sya mengecek cara kerja shock itu benar ?

    Dan untuk SHOP AND DRIVE sya percaya Produk Mereka asli dan terjamin serta pelayan merka memuaskan bagi saya

    terimakasih

  3. ramadhana Desember 3, 2015 pada 10:28 am #

    dan menurut pembuat artikel,shock apakah yang paling cocok buat mobil apv anda??
    Perlu kita ketahui untuk shock kayaba ultra adalah shock yang di produksi oleh negara kita yang telah diakui perusahaan Astra Otoparts Tbk,yang kita kenal adalah perusahaan otomotif terkemuka dan terpercaya,,dengan hal itu apakah pihak astra mengeluarkan barang yang tidak bagus? tentunya tidak dong !!!!!
    dan setahu saya ban yang terlalu keras tekanannya tidak begitu pengaruh terhadap benjol2 nya suatu ban,dikarenakan justru ban yang tekanannya keras tidak berbahya kalau kita pakai,,namun sebaliknya ban yang kekurangan angin sangat lah berbahaya,karna kita tahu pada ban ada yang nama nya TWI,,bisa kita bayangkan kalau ban kekurangan angin justru malah meledak ??
    mangkanya kita harus sering cek tekanan angin ban,biar selalu pas dan standart …..
    Kembali ke masalah SHock,,Kenapa sih Bisa Benjol ??,,,,sedikit masukan aja ya bapak2,,,,,SHOCK ABSORBER memiliki fungsi yaitu meredam oskilasi (gerakan naik turun ) suatu mobil ketika melewati bagian jalan yang tidak rata,,Nah Bisa kita bayangkan ketika shock kita bermasalah bagaimana pergerakan mobil kita?? Dan kita paki logika saja otomatis ketika shock kita rusak oskilasi dari jalan kemobil kita tidak ada yang meredam,,dan secara otomatis daya cengkram roda ke permukaan jalan akan semakin kecil,,,hal tersebut yang memulai ban kita benjol@ atau aus tidak merata ,,,,,,
    nah untuk shock sendiri ada beberapa tipe ini bapak2 ,,,,,,,,,,Kayaba ultra,,kayaba premium dan exel g,,serta shock genuine nya mobil yaaa,,,,!!! bahas yang ultra sama genuine aja ya ,,,hehehe
    perlu kita ketahui kayaba ultra adalah shock absorber dengan dua cara kerja,,bahasa keren nya double actio nih,,,masih bingung ya bapak2??
    jadi gini double action itu sebutan shock yang bekerjanya pada saat memanjang dan memendek,,jadi waktu kita tekan berat,dan waktu kita lepas shock nya balik sendiri,,,ko bisa balik ya?
    jadi gini bapak dan mas2,,,shock double action itu dalemnya di isi oli sama gas,,,nah gas itulah yang ngebantu shock nya balik sendiri,,
    Sekarang ke shock genuine yaaa????
    bapak2 pernah denger gag banyak orang bilang shock genuine itu empuk,lentuk,,kok bisa kenapa ya??
    jadi shock genuine itu isi nya cuma oli pasti empuk lah,,,,,nah balik lagi,,terus kalau pas muatannya berat gimana masih empuk juga?? masih empuk kok bapak2,,tapi hati@ ya tidak stabil mobilnya karna shock terlalu lentur,,,,,,,,,
    terus gimana ini bpak2,,?
    mau pake ultra apa genuine?
    dan setahu saya shop and drive toko dan bengkel resmi,,,jadi gag masalah kok,,,,,hehehhe

    • aang Agustus 28, 2016 pada 8:04 am #

      Saya pakai depan belakang kyb ultra…yg belakang saya pakai punya taruna. Sudah 3th tidak ada masalah. Malah menurut saya kalau masuk tol di atas 120..tidak limbung kaya skock bawaanya..jadi penilaian saya bagus tdk ada masalah…ban juga ok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: