Air Aki APV Cepat Mendidih

4 Jul

Kalau dibandingkan dengan jenis mobil lain ketika mobil apv terjebak dalam kemacetan atau mobil berjalan lama, aki mobil apv akan mendidih seperti layaknya air yang sedang direbus di panci, gelembung -gelembung udara akan keluar dari air dan uap air aki akan nyemprot-nyemprot dari lubang tutup aki, “air mendidih” inilah  salah satu yang menyebabkan aki mobil apv tidak bertahan lama.

Penyebab:
Aki APV terletak  di compartment dibawah jok yang notabene  aliran udara hanya ada ketika mobil bergerak dan terletak  sangat dekat dekat exhaust manifold sehingga aki akan terkena panas langsung yang berasal dari manifold  gas buang mobil , dengan demikian  air aki di dalamnya  akan mendidih seperti air direbus dalam panci .

Cara mengatasi: 
Untuk mengatasi masalah seperti itu adalah menyekat panas yang keluar dari manifold agar tidak langsung ke aki, anda dapat membuat sendiri dengan sisa plat nomer atau dengan spon peredam yang dijual meteran. Atau beli sarung aki yang terbuat dari asbes yang dapat  beli di toko aki. Berdasarkan pengalaman  dengan penambahan sekat ini suhu aki akan menjadi relatif dingin . Akan tetapi uapnya akan menyebar  yang akan mengakibatkan korosif dimana-mana

Kesimpulan:
Berdasarkan pengamatan  yang menyebabkan air aki di mobil APV cepat mendidih bukan karena amper aki yang kurang besar namun letak aki yang terlalu dekat dengan exaust manifolt.  Sayangnya dari awal insiyur  perancang mobil apv kurang cermat merancang  penempatan aki dan  pabrik tidak pernah mengkoreksi rancangan sehingga persoalan yang kelihatan penting, karena hanya sekat akan menjadi catatan yang sangat berarti buat konsumen karena umur aki manjadi relatif singkat .

2 Tanggapan to “Air Aki APV Cepat Mendidih”

  1. isman purwanto Agustus 22, 2013 pada 1:11 am #

    saran yang bagus dan cerdas, apv seharusnya bersyukur punya penggemar apv yang sangat peduli dengan kritik3 membangun kayak gini. berbenahlah apv

    • Suzuki Jogja Agustus 25, 2013 pada 1:43 pm #

      Tidak adanya follow up dari pabrikan karena Kelihatannya APV akan di stop produksinya karena dari segi penjualan semakin berkurang karena keluarga lebih suka beli R3 Spin Avanza atau Xenia sedangkan yang memerlukan mobil van semakin tertarik untuk membeli Luxio karena harga lebih murah dan yang penting konsumsi BBM lebih irit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: