Kapan Mobil Harus Ganti Oli

18 Okt

Kapan mobil harus ganti oli mesin adalah pertanyaan yang sangat suit dijawab karena tidak ada batasan yang jelas, Pada bungkus kemasan oli merek apapun tidak pernah direkomendasikan berapa km oli harus diganti, pada buku pedoman mobil juga tidak secara tegas dijelaskan kapan oli mesin harus diganti?

Interval pergantian oli mesin dipengaruhi oleh

1. Jenis oli mesin
Ada pendapat yang mengatakan tiap 3.000 km oli mesin harus diganti ada pula yang berpendapat tiap 5.000km oli mesin harus diganti.  Produsen oli mesin dan penjual oli dan bengkel mesti akan mengatakan bahwa semakin sering oli diganti mesin kan semakin baik, pendapat ini betul, dengan oli yang selalu baru mesin akan semakin lebih awet, namun tidak bagi pemilik mobil semakin sering oli mesin  diganti kan semakin tinggi  biaya operatiional mobil. Pergantian oli mesin adalah setiap  3.000 km adalah pendapat lama, yang mengacu pada oli mesin produksi awal yang berbahan dasar murni menggunakan  oli mineral, oli jenis ini tidak bertahan lama memang daya tahannya hanya 3.000 km, biasanya kita yang awam akan merasakan perbedaan suara mesin setelah melewati 3.000km, sedangkan yang mengatakan oli harus diganti tiap 5.000km mengacu kepada jenis oli yang sudah semi sintetik  yakni campuran antara oli mineral dan bahan sintetik.  oli in akan lebih awet. Saat ini banyak produk oli full synthetic maka interval pergantian oli dapat mencapai 10.000 km,

Untuk Oli mineral dan semi syntetic disarankan untuk pemakaian mesin-mesin tua sedangjkan jenis full sytetic disarankan untuk mesin-mesin baru karena kekentalannya memang disesuikan dengan celah antar nderdil yang sangat rapat. Untuk kendaraan yang tidak pernah dipakai bisanya buku pedoman pemilik dan bengkel masih juga menyarankan pergantian oli tiap 3 bulan, pendapat ini juga kurang valid mengingat oli dalam mesin yang tidak digunakan,  ibarat oli dalam kaleng.

2. Usia Kendaraan
Untuk mobil yang sudah lelah interval pergantian oli mesin akan semakin rapat, karena banyak onderdil yang sudah aus sehingan volume oli akan semakin cepat berkurang dan kotoran akan dengan mudah bercampur oli mesin   yang memang salah satnya adalah mambersihkan mesin, Sedangkan untuk mobil  yang masih muda interval pergantian oli akan semakin panjang karena memang systemnya berbeda dan celah antara onderdil masih sangat rapat.

3. Pemakaian Kendaraan
Kendaraan yang dipakai mengangkut beban akan disarankan untuk lebih sering mengganti oli, karena sering mesin berputar dengan RPM yang tinggi, misalnya angkot atupun truk  walaupun jarak yang tertulis belum sampai  saatnya ganti oli akan tatapi disarankan untuk ganti oli, karana putaran masin yang tinggi akan mengurangi usia pemakaian oli, berbeda dengan mobil keluarga yang hanya dipakai hanya untuk 2 orang, pemakaian oli sampai pada batas limit pemakaian oli yang disarankan akan masih tetap aman.

Berdasarkan sumber resmi Pertamina, pada kondisi penggunaan yang normal maka masa pakai pelumas Pertamina sbb:

* Prima XP 20W-50 API SJ = 7.500 km
* Prima XP 10W-40 API SL = 10.000 km
* Fastron 10W-40 API SL = 15.000 km
* Fastron 20W-50 API SL = 15.000 km
* Meditran SX 15W-40 API CH-4 = 10.000 km
Sehingga mengganti oli sebelum melebihi masa pakai oli seperti tersebut diatas adalah dianjurkan, karena oli masih bagus.
Kesimpulan:
Jadi kapan oli mesin harus diganti adalah sangat rancu tergantung dengan usia kendaraan, jenis oli dan kantong pemilik kendaraan. Pengalaman kita sebagai pemilik APV  dengan menggunakan oli syntetic SGO walaupun  interval pergantian oli tiap 10.000km, mesin masih halus dan olinya tidak kelihatan hitam pekat.

4 Tanggapan to “Kapan Mobil Harus Ganti Oli”

  1. saripudin Agustus 29, 2014 pada 8:38 am #

    Apa pengaruh pada mesin APV Olie SAE 10/40 dengan 20/50…

    • Suzuki Jogja Agustus 31, 2014 pada 10:44 am #

      ga ada pengaruhnya hanya oli 10/40 lebih encer sehingga mesin tidak perlu terlalu lama dipanasi

  2. adi Mei 25, 2015 pada 5:53 am #

    waktu ganti oli terakhir di bengkel, saya minta shell helix…pesannya setelah 5000 km mesti ganti! tapi sudah jalan 6000 km blom saya ganti…apa berbahaya untuk mesin APV?

  3. sucahyoaji September 3, 2016 pada 1:42 pm #

    weh panjang sekali masa penggantiannya. yang fastron katanya sih 10 ribu km.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/09/02/menentukan-kualitas-oli-mana-bisa-pakai-spesifikasi-datasheet/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: