V Belt APV Berbunyi

20 Mei

20140512_201517V belt pada SUZUKI APV  berfunsi untuk menggerakan motor dinamo yang menghasilkan listrik dan menggerakan pompa power stering, ada due belt yang terpasang. Umur pemakian berkisar 50.000 km, pada km ini secara fisik belt sudah mulai rusak, karena mengeras dan mulai pecah-pecah sehingga harus diganti untuk keamanan mesin, karena harganya tidak terlalu mahal dan mudah dipasang tidak harus ke bengkel resmi.

Ketika v belt sudah mulai rusak karena mengeras, atau ketika v-belt baru dipasang, biasanya sering terdengar bunyi “cit-cit” yang tidak berbahaya hanya saja sangat mengganggu, ini disebabkan karena gesekan antara v bel dengan puli-puli dimana v belt terpasang.

Setel baut tensioner v-belt putar secukupnya sampai tidak kendur, untuk vbelt power steering dan AC terletak dibagian bawah sedangakan untuk vbelt dinamo terletak dibagian atas berdekatan dengan dinamo… Atas saran seorang mekanik, cara instant untuk menghilangkan bunyi “cit-cit ” pada vbelt ternyata sangat mudah, hanya dengan mengoleskan sedikit vaselin atau gemuk pada sisi-sisi v-belt, bunyi cit-cit akan hilang, tapi kalau Vbelt sudah kendur dan pecah-pecah memang harus diganti.

Kapan harus mengganti Vbelt ?
dan Anda buka jok dan  raba perhatikan keadaan Vbelt apakah masih bagus atau tidak. Apabila kelihatan sudah retak-retak saatnya ganti walaupun vbelt masih dapat memutar puli AC dan Powers stering karena sangat berisiko untuk putus, atau keluar dari relnya.  Apabila v-belt putus tidak akan ada AC dan mobil tidak dapat dikendarai hanya karena kelalaian anda untuk mengganti barang yang harganya tidak mahal.

2 Tanggapan to “V Belt APV Berbunyi”

  1. eko budhi Juni 6, 2014 pada 11:46 pm #

    Maaf mau tanya.

    Apa penyebabnya ada bunyi di mesin apv saat perpindahan gigi ke.3 seperti suara “dreerrtt” ..
    Apakah itu pertanda kampas kopling habis apa setelan pedal kopling yg kurang pas..

    • Suzuki Jogja Juni 7, 2014 pada 12:09 am #

      mungkin juga..kampas komplingnya sudah aus atau pedal kopling kurang ndorong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: