Review Terakhir Suzuki APV

12 Feb

Ini adalah artiket terakhir dari Blog ini, karena setelah mobil APV memasuki kilometer 250.000, saatnya ganti kendaraan yang lain.   Ada catatan-catatan yang perlu digaris bawahi , berdasarkan pengalaman memelihara APV dari awal sampai KM 250.000

Mesin Suzuki APV
Dari km 0 sampai dengan km 250.000 tidak tampak kerusakan mesin masih saja halus seperti baru, walau selama ini pergantian oli hanya dilakukan setiap km 10.000, sekalian ganti filter oli tentunya, dengan menggunakan oli SGO atau kalau tidak mau antri menggunakan oli Fastron Tekno produk Pertamina, dengan tune up tahun pertama reguler sesuai garansi, setelah itu tune up baru dilakukan apabila ada trouble. Sedangkan spart part yang sudah pernah diganti adalah:

  1. Aki – aki mengalami kerusakan setiap tahun, dapat bertahan 2 tahun apabila menggunakan amper yang lebih besar dari standard dan aki disarungi dengan asbes sehingga panas dari manifold sedikit berkurang.
  2. Saklar lampu dim dibawah stir dan tombol power window ganti satu kali  harganya lumayan mahal dan hanya ada di dealer resmi
  3. Busi sudah sudah ganti 3 x , secara fisik belum rusak, tapi untuk menjaga performa mesin, busi mesti diganti.
  4. Koil pengapian, ada sepasang koil, kalau ada 1 rusak , ganti nya disarakan sekali gus 2 karena apabila tidak yang kedua akan segera rusak.
  5. Kampas Kopling sudah ganti 2 kali, pergantian yang partama, adalah memang aus , dan ada per yang putus, ganti kedua karena ada bunyi aneh setelah dibuka kampas belum aus tapi, sekalian bongkar ganti laher. Selama ini belum permah ganti matahari. karena berdasarkan keadaan fisiknya masih sangat bagus  belum perlu diganti.
  6. Timing belt sudah ganti satu kali, sedangkan V belt AC dan Power steering belt, sudah  ganti 3 x
  7. Oli Mesin Penulis hanya selama ini memakai oli mesin standard Pabrik, atau menggunakan Oli Pertamina, tidak pernah menggunakan merek lain.

Kaki-kaki Mobil
Berdasarkan catatan dari km 0 sampai km 250.000 suspensi masih sama, tapi seiring betambahnya usia mobil timbul suara suara pada bodi, jok  dan lain lain, itupun hanya muncul ketika mobi melewati jalan jelek. Ganti shock breaker belum jaminan kendaraaan jadi lebih baik. Pergantian kampas rem depan 4 x belakang 2 x, tatapi disarakan untuk ganti part yang asli, walau kampas rem punya apv bisa dibandrek dengan milik avanza.

Pergantian Gigi
Masih serperti mobil baru, sulit tidaknya pergantian gigi tergangantung perlaukan sopir pada  pedal kopling, sebaiknya untuk memindah sebaiknya dituruti saja pedal prosneleng jangan diapaksa.

AC Mobil 
Masih sangat bagus walau selama 250.000 km tidak pernah mengalami perawatan atau oli diganti.

Cairan Radiator, Power staring
Masih berfungsi normal walau tidak pernah dirawat dengan diganti atau hanya kadang oleh mekanik  ditambah sedikit kalau perlu.

Ban Mobil
untuk APV harus sering dirotasi depan kiiri pindah ke kanan, sisi dalam dipindah ke sisi luar, apa bila tidak keausan akan tidak merata. Ban Brigrtsone bertahan samap 80.000km , sedangakan dengan Ecopia dapat sampai 70.000 beda sedikit , perlu waspada membeli ban, karena kalau  murah,  kadang ban expired atau cacat produksi . Sepooring balancing juga perlu dicheck maximal tiap 40.000 km.

Berapa Yang dihasilkan APV dari tahun 2010 sampai sekarang ?
Apv yang dimiliki penulis, berdasarkan catatan dari tahun 2010 sampai  2016, secara kasar telah menghasilkan uang sebanayak RP 750.000.000 ( tujuh ratus lima puluh juta), yang kira- kira 5 x  harga mobil itu sendiri, dengan tidak pernah turun mesin.

Saran Penulis
Jadikan mobil anda sebagai mainan, seperti anda merawat  mobil-mobilan pada masa kecil niscaya akan awet, karena  mobil dapat menjadi  mesin pencetak uang.  Sampai Jumpa Lagi , saat ini mobil penulis sudah dijual, berikutnya mungkin penulis akan beli produk Suzuki Jeep Jimny 4×4 kalau ada uang.

Satu Tanggapan to “Review Terakhir Suzuki APV”

  1. sandi Februari 20, 2016 pada 5:07 am #

    Terima kasih banyak atas jasanya selama ini. Blognya sangat membantu untuk kami owner apv Semoga sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: