Suzuki APV itu adalah turunan dari Suzuki Carry yang sudah dikenal sebagai minibus kecil ataupun pick up kecil yang terkenal tangguh, akan tetapi untuk APV banyak ada kelemahan-kelemahan yang sangat menjengkelkan yang merupakan bawaan dari produksi dengan kata lain cacat bawaan dan jarang diulas orang walaupun semua pemilik kendaraan itu tahu bahwa itu kelemahan APV. Berikut ini adalah fakta-fakta tentang kelemahan Suzuki APV berdasarkan perbanding-perbandingan dengan pemilik Suzuki APV tentang masalah masalah teknis yang sering dijumpai pada kendaraan APV tersebut.
Mengapa disebut cacad bawaan mobil karena berdasarkan pengamatan penulis terhadap kesamaan kerusakaan (kerusakan berjamaah) yang dialami APV. Bagian-bagian yang paling sering menjadi masalah dan dapat dikatakan kelemahan Suzuki APV atau dengan kata lain cacat bawaan mobil APV adalah:
1. Air aki yang cepat habis.
Kita tidak tahu pasti penyebab masalah ini, dimungkinkan karena kapasitas aki yang terlalu kecil atau arus yang masuk terlau besar atau letak aki yang berada didekat mesin , tetapi aki bawaan Suzuki APV hanya aki basah 40 amper, sevcara teori ini cukup untuk mensuplay kebutuhan listrik APV untuk menjalankan motor stater, power window, audio, dan AC. Untuk aki bawaan Suzuki, biasanya air aki akan berkurang pada level membahayakan setelah pemakian 10 hari, apabila terlambat resiko kerusakan sel aki akan besar. Sehingga disarakan untuk sering mengontrol keadaan air aki seminggu sekali, dan ini dalah pekerjaan yang sangat merepotkan untuk merawat kendaraan.
2. Pasisi ban depan di bawah sopir yang cepat aus
Pada Suzuki APV baru pada pemakian 3 bulan pertama akan terlihat tanda-tanda kendaraan mengalami masalah pada ban depan dibawah supir, ini akan telihat lebih jelas untuk pemakian 6 bulan atau untuk pemakaian 20.000 km, ban akan sangat terlihat aus kedalam apabila dibandingkan antara ban depan yang kanan dan ban depan yang kiri. Banyak bengkel spooring yang mengatakan bahwa itu masalah spooring ban memang sangat sering pada Suzuki APV. Mungkin ada kesepakatan kerjasama antara perancang APV dengan bengkel spooring untuk menciptakan mobil yang harus sering-sering dibawa ke bengkel spooring?
3. Gigi mundur susah masuk
Sering terjadi kendala untuk memindahkan gigi mundur. Apabila posisi yang kurang tepat maka gigi mundur tidak dapat dipindah
4. Suspensi depan keras
Sudah menjadi rahasia umum kalau suspensi depan Suzuki APV berbunyi “gluduk-gluduk” ini diakibatkan per suspensi depan yang sangat keras, sehingga goncangan tidak diredam oleh per sehingga masuk ke kabin sehingga menimbulan suara.
5. Kaki kaki mobil yang yang kurang kokoh.
Bal Joint dan stabiliser joint link, tie rod, dan per cepat bermasalah apabila mobil and seing digunakan di luar kota ditandai dengan bunyi-bunyian di sekitar kaki-kaki mobil yang akan hilang apabila setelah mobil dicuci, itu merupakan tanda-tanda bahwa seal sudah mulai aus ataupu sudah mulai kering, ini adalah tanda-tanda and harus menambahkan vaselin ke balljoint APV
6. Motor Extra Fan Radiator/Kondensor AC
MotorExtra fan pada Suzuki APV ini terletak di bagian depan sopir dan berfungsi sebagai fan blower radiator sekaligus Kondensor AC, karena radiator dan kondensor AC menyatu antara keduanya sehingga ini akan sangat fatal apabila motor Extra fan ini mengalami gangguan, mesin akan mengalami over heat dan AC tidak dingin sama sekali. Gejala yang tampak ketika motor ini mengalami gangguan adalah suara berdecit ataupun suaran berisik lainnya pada bagian depan ataupun timbulanya suara yang tidak wajar ketika mesin dimatikan. Motor fan ini akan mulai timbul masalah biasanya untuk pemakian 1 tahun atau pada kilometer 50.000 an
Tapi kalau sudah terlanjur beli suzuki apv & sudah banyak menghabiskan dana untuk perawatanya bagaimana?
Om Hermawan tidak ada kata lain kecuali ganti onderdil tapi kalau masih sayang diganti pake yang ori .. atau barter dengan punya teman yang mau dilego…kalau sudah bosan mau dijual ya cari yang kw saja …harga jual masih tetap sama.
waduhhh itu bukan jawaban yang dibutuhkan konsumen
Wisss jawabanya ga mantap..kebetulan besok saya mau ngebayarin apv jdi mikir lg nih…waduuh lieer
beli aja om .. gak apa untuk angkutan dapat uang dikumpulkan untuk beli Innova
ah suzuki saya umr hampir 2thn km 32.000. ban bagus accu bagus baru tambah air accu sekali dan tambah air radiator sekali sampai sekarang ga ada keluhan pokonya mantab suzuki arena….bantingan mantab..makasih suzuki cawang dewisartika..
bener om apv itu bentuk lain suzuki carry pick up, sebenarnya mesin sudah teruji di model pick up sehingga untuk mesin jarang trouble, kalau APV aki memang berhubungan dengan AC sehingga apabila Ac dihidupkan dengan max aki akan mendidih sehingga penguapannya sehingga air aki cepat habis sehingga apabila anda lupa menambahkan aki akan rusak.
Wah bagus dong
aq emang penggemar APV udh 2 th ini g ada keluhan berarti, kalo cuma ngisi air aki dll biasalaaah ..tu bagian dr perawatan tapi yg menjadi keluhan aq skrang gigi persenelingnya berat sekali temenku tanya gmn ini ? gpp lah sekalian sambil olah raga pancooo…. ha ha
aku pernah mengalami masalah perseneling ini, setelah di bongkar kata teknisinya matahari atau apalah di dalam kampas kopling itu aus, waktu itu saya ganti satu set.
kalau mau persenelingnya empuk coba konsultasi di 08968887377 dengan biaya relatif ringan dijamin lebih empuk dibanding avanza yang baru keluar dari showroom…. saya merasakanya karena saya pakai APV GL Thn 2010 dan New Avanza G Thn 2014
Tenang aja mas bro. Aku juga pake apv kok. Nyaman lancar udah setahun ini padahal bekas orang ke 3 . Th 2004
om saya doni,baru bgt beli APV TH 2004 juga,mau tanya memang suara mesinnya agak kasar alias kaya-kaya semi panther gitu ya??tapi bukan kaya panther banget,agak-agak alus,seperti alus-alus mesin diesel gitumohon pencerahannya.terima kasih
biasanya kalau apv bersuara seperti mesin diesel yang menjadi penyebab adalah
1. koil yang sudah tua hampir mati
2. seal knalpot yang terbuat dari asbes ada yang bocor atau knalpot ada yang kropos
ya udh nikmati aja smbil bnyak2 brdo’a.. smoga awet slalu.. amin..
Suzuki APV Arena saya baru akhir tahun 2010. Sampai sekarang hanya ada satu masalah yang pernah saya temui: Ban depan kanan dan kiri mulai termakan bagian dalamnya. Ini ditemui oleh bengkel Resmi ketika service 20,000km kemudian di spooring ulang. Beberapa bulan kemudian kawat-kawat ban mulai kelihatan. Langsung saya ganti dengan ban DUNLOP dan sampai sekarang tidak lagi menunjukkan ada kelainan di ban depan tsb. Saya masih suka dengan APV tersebut.
yg pasti semua tipe kendaraan pasti ada kekuranganya,sy lebih memilih apv karna interior dalam baik dan kapasitas max juga irit.koncinya wajib perawatan berkala agar tdk terjadi kerugian juga kontrol mingguan…………………..kalau malas kontrol semua jenis kendaraan apapun pasti hancur……………oke
Yes om Win kewajiban kita merawat mobil kita sebaik mungkin karena mobil kita adalah pakaian kita
kenapa waktu di jalan tiba tiba mesin gerejed terus langsung mati, ga mau hidup lagi..
cek bensin bagus, pengapian dari busi ada, trus kemungkinan dari apalagi yang rusak??
Pasti apa kaber yang putus atau sekring yang putus yang ini mesti masuk bengkel tidak dapat difollw up sendiri
o…baru tau aku kelemahannya thank’s atas inponya
kelemah berdasarkan pengalaman pribadi loh om, tapi ada betulnya kita kumpulkan informasi dari yang lain
saya punya mobil avp th 2005 tife x,ada masalah di ac’a yg depan dingin tapi yg belakang ga dingin solusi’a gimana yah boz?
Gas freon yang sudah menipis lebih baik dicheck dibengkel
aq mau beli APV antara th 95 sd 2011 ada yag kasih info ? hub aq biar aq bisa sesuaikan dg budged yg ada
afv ku akhir th 2010,yg jadi masalah mesin udah di tune up 2x tp msh terasa sinjal pd gas rendah dan kunci otomatisx udah setahun rusak gak bs d pakai perawatan rutin di bengkel resmi tolong solusinya
Wah mekanik juga kadang tidak mau tau tentang kerusakan mobil, lebih suka service mobil baru yang minim kerusakan, hanya ganti oli, anda harus ngomong apa masalah yang kalau belum beres kembali lagi ada garansi servicenya kalau di bengkel resmi kalau gak beres cari saja pemilik bengkel resmi langsung saja “diunek-uneke” ben kapok
Om mau nanya om,saya pake mobil apv th 2006,,keluhanya adalah lampu indikator sering hidup ketika gas tinggi,,dan kadang normal lagi.satu lagi ketika extrafan hidup amper panas naik,dan extrafan berhenti normal lagi!mohon solusi nya om terimakasih
semuanya terbukti dan benar, saya selama punya APV GX Th 2010, hal-hal yg pernah terjadi adalah :
1. Bulan ke 6 Ban depan aus, ganti dg ban yg sama goodyear
2. Lewat 1,5 Tahun, masalah gigi persenelling keras terutama mau ke gigi 1 dan mundur.
3. 2 tahun Aki ngadat mau diganti, dan diganti
4. 2 Tahun lewat …. ku jual
namun karena daerahku suka banjir dan APV tinggi plus mau usaha, rencana masih mau kembali ke APV lagi yg APV GA blind krn terjangkau. mudah2an aja turun harga lagi
So far apv kuat,engine sip..ban sering2 aja sporing…3bln sekali rotasi ban,ac aman..goyangan body lumayan keras, coil mati sekali aja dalam kurun waktu 4thn wajar soale km aku sudah 200rb lebih…Apv memang JOSSSSSSS gandos
Engine nya kuat sih jarang mogok.. tapi soal teknologi masih tetinggal selangkah dengan mesin kendaraan sejenis yang sudah DOHC atau sudah dengan teknologi VVT-i yang konsumsinya lebih efisien, untuk kaki-kaki APV akan menejadi catatan yang lain
Ass,,pak bozz,mau nanya??saya kemarin mengalami masalah pada apv 2006. Saat kontak di posisi on lampu engine tidak nyala..di starter mesin ndak mau nyala..kira2 masalah nya di mana ya pak bozz!makasih banyak sebelum nya,mohon pencerahan nya!
aki sudah lemah
Mhn info sja saat ini apv saya sering mati sendiri saat perjalanan 4jam non stop…berhenti 15mnt jalan lg bisa,,,,,apa ya kira2? Yg bermasalah
mohon dicheck radiator, ada masalah dehttps://suzukijogja.wordpress.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-formngan suhu atau anda pasang sesuatu alat tambahan seperti lampu atau power amply sehingga buat panas dinamo
Kemungkinan jg pompa di dlm tangki kotor…
Point 1: saya tidak mengalami
Point 2: saya mengalami, untung cepat terlihat oleh teknisi saat servis 10ribu km, shg dilakukan set wheel alignmet ulang, dan sampai skrg sudah sembuh
Point 3: syukur sampai km 88rb saat ini, fan tetap ok; pemakaian AC hampir selalu ON.
Point 4: relatif tidak susah, kadang2 hrs pas.
Note: mobilnya APV Arena thn 2008
sip..
tekad saya uda bulat APV GX 2013, namun ada cerita salah-satu keluhan yang pernah menggunakannya saat mobil kosong kecepatan tinggi kemudian menikung mobil akan goyang seolah2 kempes ban. cerita ini benar apa nggak, saya tidak temukan pada web ini, klau memang benar pada kec. berapa dan derajat menikung berapa yang menyebabkan mobil goyang. trims- sebelumnya.
saya belum pernah nyoba dengan yang pick up, tetapi Apv memang tidak ada sistem penyetabil bodi ketika belok, yang terdapat di Innova namanya LPV sistim yang memnungkinkan mobil selalu pada jalaurnya ketika berbelok dengankecepatan tinggi, tetapi info didapat dari bengkel per depan terlalu keras kurang meredam goncangan
saya pengguna APV baru saja, belum merasakan gejala2 yg agan2 sebutkan tadi di atas, ya waspada aja, trims info2nya.
Ati 2 aja bung… hal2 yang seperti di tulis pasti akan terjadi dengan mobil anda
Waduh sudah terlanjur beli apv luxury,…. yah dijalanin aja lah apapun itu masalahnya….z
Dijalankan ajalah sudah terlanjur, nanti kalau sudah kembali modal dijual segera untuk beli yang reputasinyan lebih baik, seperti saya juga terjebak jaringan hitam beli mobil karena, BII Finance ternyata perusahaan partner asuransinya bukan perusahaan 2 asuransi yang bonafide memilih dengan bengkel yang jelek 2
suzuki apv arena 2008 sy knapa boros padahal busi & kabel baru,coil dah ganti, mesin msh terasa langsam/pincang
Harusnya tidak diganti semua… mobil sudah injeksi jarang rusak mungkin filter udara masuk yang perlu diganti .. pergantion koil busi dan kabel dan busi salah satu penyebeb mobil kurang langsam tapi perhatikan juga timing belt karena kalau sudah kendur mobil juga bisa endut2an
Bos apv ane th 2012 type GE PS.
Mau tanya bos ane br beli ni mobil kira2 tune up dibengkel resmi brp sih bos ?trus ni mobil nafas’a pendek2. Perpindahan gigi 1 ke 2 dan sterus’a jarak’a pendek2 knapa ya ?
Tune up dengan ganti oil+filter kira2 800.000 Ya seperti itu APV gunakan gigi max 2000 rp maka bensin aka lebih irit
Mobil APV ane dua hari ini, indikator panas tidak normal. Normal dibawah tanda, tapi kemudian naik diatas setengah.,,turun lagi. Km 101446, Petunjuk tune up masih kurang 1000 km lagi. Water coolant full. Mesin hidup posisi dingin, ada suara berdenyit. Untuk panas kenapa ya…, terus bunyi itu apa yg harus diganti?
untuk indikator naik turun apalagi sampai garis merah perlu thermostat dicheck barangkali ada kerusakan atau saluran ada yang tersumbat, untuk suara berdecit kalau dingan biasanya streng belt sudah tua minta ganti atau suara ini berhubungan dengan treng yang mamutar pompa air radiator
Apv ku 2011 sudah 2x dalam setahun jakarta medan (36 jam jakarta medan juga sebalik nya) 7 orang penumpang cukup handal untuk melibas trek ini,di jakarta hampir tiap hari mobile (70km/hari) ful ac ful music (audio sudah pake power 2) tetapi penilaian negatif seperti diatas tidak sy temui alias: ban masih rata,aki tidak berkurang,bantingan empuk,di tol saya sering speed 160 (sendiri) uber2an sama innova cukup okkke padahal semua standart….yg paling penting n yg sy terapkan sama sperti kita manusia habis kerja berat porsir tenaga ya di terapi lah…minum jamu makan yg enak n bergizi,apalagi apv hahha..haaa…perawatan berkala bro…bisa beli mobil harus siap merawat dan memanjakannya,merawat dgn montir yg professiona…APV yess….
Anda sungguh orang yang beruntung karena beli apv mendapatkan barang yang bagus tidak bermasalah apalagi apv yang secara aerodinamis tidak dapat mencapai kecepatan 160km/jam
keluhan jarum indikator panas yg tidak normal (apakah over heating?) sudah saya chek di SBM. Kata Suzuki mobil saya normal panasnya(setelah dari SBM memang jarum kembali normal). Satu minggu kemudian…jarum tdk normal lagi. Saya coba bersihkan radiator dan ganti water coolant. Oke siiippp. Tapi….itu hanya dua hari aja, setelah itu panas lagi!!!!!!!!!!!!
Saya check ,air radiator tidak jalan normal /air tambah naik melebihi biasanya. Apa yg sebaiknya saya lakukan?
Om yg ganteng mohon pencerahan nya nih Apv sya th 2005 type x lgi bermasalah dgn compresor ac sdh 2 hari gak jln karna stir berat minta info harga compresor baru brp ya? atau yg second juga tdk apa2? maklum buser om kerja nya buruh serabutan mksi
Om yg ganteng mohon pencerahan nya nih Apv sya th 2005 type x lgi bermasalah dgn compresor ac sdh 2 hari gak jln karna stir berat minta info harga compresor baru brp ya? atau yg second juga tdk apa2? Daerah bekasi atau jakarta om klu bisa yg murah tpi gak murahan om maklum buser om kerja nya buruh serabutan mksi
Apa bedanya kopling apv x dgn arena
permisi agan2,..
ane mau beli mobil second APV minibus,.. kira2 yang perlu di cek apa aja ya,… mohon bantuan nya gan,… ane beli ini buat usaha,..
makasi gan ,…
terutama kaki-kakinya antara lain ball joint, joints tablizer lalu cat masih asli atau tidak, jarak tempuh, dan catatan servicenya
APV Arena Saya Type GL tahun 2008, alhamdulillah sampai skr masih Tokcer dan ga’ pernah ada masalah berarti ….Tenaga luar biasa dan akselerasi mantap yg penting service rutin lari 120KM masih mampu ngimbangi Avanza atau Luxio / Grand max….
Sama aku punya 2008 gl. Odo 100.200km. kalo 140kpj gampang.
Mas Suzuki Jogja mo tanya, mobil saya suzuki APV 2006 type A, sebulan ini kalo nyalakan mesin mesin kaya endut-endutan, sbentar normal, sbentar endut-endutan lagi kaya mau mati. Ditambah kalo nyalakan AC lebih berasa lagi endut-endutannya kenapa ya? tks sbelumnya
apabila posisi stationer apabila mobil endut2 and biasanya sudah memerlukan pengecekan mulai dari filter udara, busi beserta kabel-kabelnya, timing belt dan apabila mobil berjalan pelan masih endut2 an yang perlu dicek adalah kampas kopling, matahari dan mekanisme penggerak persneling
Wah sama bro. Punyaku juga begitu. Yah baru 2 hari ini. Aku coba bersihkan busi2nya barangkali kotor and ngupil. Tapi masih jg. Endut2 terutama kalau ac hidup dan gas kecil. Yg paling terasa kalau berhenti di lampu merah. Tapi kecepatan tinggi endutnya hilang.
Mas Suzuki Jogja!! tambah nanyanya nih, pedal kopling kalo pas mesin nyala bergetar hingga berbunyi kaya beduk (dug dug dug dug….). Kalo di tekan dikit baru kaga bunyi (karena bergetarnya merembet ke kaki). Kalo udah masuk gigi dan jalan ga bunyi, kecuali pas kecepatan rendah mau berbelok ga oper gigi ke gigi 1 pasti ngededel degedekgedek lagi…kenapa ya maz? terima kasih lagi sebelumnya.
mas Rianto, APVku pernah juga kaya gitu, kalau ngak diijak gas ada bunyi duk,duk,duk pada bagian mesin. tapi kalau digas ilang bunyinya. dan kubawah kebengkel ternyata klep pembuangan silinder no 2 bocor, setelah diganti ilang deh bunyinya .
Membaca satu kelemahan Suzuki PAV adalah ban depan akan aus lebih dulu bagian dalam sehingga disarankan rutin dirotasi. Yap….sudah aku lakukan. Tapi dalam jangka satu minggu setelah itu, mobil terasa berjalan di aspal bergelombang. Saya cek ternyata ada satu ban depan (sebelah kiri) yg aus agak dalam (hanya satu bagian saja, tidak merata disisi dalam semua). Kenapa ya?????????? Waskita Dwi P Meta 3 Ngayogjokarto (0274) 6499525 ; 0813 294 174 38
seharusnya .. konstruksi mobil APV di evaluasi oleh pabrik .. dan prinsipnya sama ban semua mobil sebaiknya dirotasi .. tapi untuk ban depan kanan apv kondisi sangat parah 20.000 km ban sudah tergerus habis …. sedang yang lain samapi 80.000 km baru menceng
APV arena 2008 saya, saat km 10rb, diingatkan oleh bengkel agar setting ulang wheel aligment (bhs umum spooring), krn potensi termakan di sisi dalam.
Ternyata, stl diset ulang, sampai ban tsb ganti (krn tipis) di km 70rb, habisnya bisa merata.
APVku tahun 2005.kenapa yah tarikannya lamban, apalagi mindain dari gigi rendah ke gigi tinggi, misalnya dari 3 ke 4, padahal udah ganti kampas kopling
selamat tahun baru untuk para pengguna APV.
apv ane tahun 2010, emang mesinnya top cer jalan 120 km masih stabil. tapi persoalan ban cepet aus bikin stress.. baru beli ban achiless bulan september, 5000 km udah botak yang depan bagian dalamnya. apa merk ban + jarang sporing mempengaruhi keausan?.
bos bengkel apv di jakarta yang ahli spooring biar penyakitnya permanen lenyap dimana ya?
iya om APV mesinnya bagus tidak rewel yang rewel kaki-kakinya… itu ternyata itu bawaan lahir jenis van milik Suzuki mulai dari segala model suzuki carry sampai sekarang APV sama saja penyakitanya yaitu ban depan kanan cepat aus … solusi permanan tidak ada hanya sering-sering spooring padahal biaya sepooring RP 250.000 dan harga ban kwalitas bagus jenis brigestone Ecopia 150 hargannya hanya RP 600.000 jadi spporing 3 x sudah dapat ban baru… memang sangat menjengkelkan dan kelihatannya pabrik tutup mata untuk itu… makannya dalam daftar kejelekan suzuki apv kita masukkan ban depan kanan yang yang miring .. sulusi permanan ya di dijual aja ganti mobil yang lebih bagus.. bagaimana mobil murah kok perawataanya melebihi mobil sekelas fortuner atau pajero !!
Kalau and penggemar mobil van … beli saja L300 terbukti tahan banting betahun tahun hanya saja dieselnya masih biasa sehingga keluar banyak polisi dan suaran sangat berisik, jangan beli Pregio atau Travello karena mesinnya cepat rusak, spare partnya sangat mahal dan langka. Kalau ada buged beli Izusu Elf dengan mesin yang jenis NKR agar kuat ditanjakan, kalau pingin agak lux belilah Toyota Commuter
APV arena 2008 saya, pas ganti ban di km 70 ribu, habis relatif rata.
Di awal servis (sekitar km 10rb kalau gak salah), diingatkan bengkel kalo butuh spooring krn gejala ban depan abis di sisi dalam. Kemudian spooring di bengkel ban di jl Pajajaran, bogor; dan ternyata abis ban bisa rata.
Apa fungsi re-start? Apakah pada APV juga harus rutin re-start (ada atau tidak ada gejala kondisi mobil)? Dan apakah ada hitungan kilometer idealnya re-start (jika memang perlu rutin)?
Matur nuwun
Mas Saputra, maksudnya re-start apa ya ? Apa maksudnya tune up ? kalau itu tidak ada batasan..
haloo,, salam apv arena,, sy baru sj jatuh cinta,, dan 5 januari kemarin resmi sebagai pemakai pemula apv arena,, mohon dibantu y,, kalo ada apa2,, trmkasih shareny,,
Ya baca2 tulisan nanti apa yang tertulis mesti terjadi pada kendaraan anda ! karena memang tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pemilik mobil APV dari 0 Km dengan intensitas pemakian yang tinggi, sehingga anda dapat melihat urutan yang akan terjadi pada mobil APV anda, biasanya pemilik bangga dengan mobilnya sehingga kelemahan mobil tersebut tidak pernah diceritakan kepada orang lain.
MAs, numpang curhat nich….Stir mobil saya (apv)bunyi kletek kletek..itu harus ganti bosstir atau bisa di kencangkan dikit.mohon penjlasanya……..
coba check bagian joint stabliser dulu sudah oblak apa belum
saya baru beli apv dari depok bang,tak bawa pulang enak mesin maupun kaki tidak rewel.tapi setelah seminggu muncul penyakit bila langsam terasa mesin ginjal,apalagi kalau pas di ac malah drop kira2 apanya ya bang?
bawa ke bengkel resmi saja kan masih garansi … kalau mobil lawas kalau ac hidup mesin drop berarti ada masalah di motor listrik ACnya yan terlalu berat karan kalau power apv tidak tergannggu dengan AC
apv saya gak beli baru gan?tahun 2004 tapi mesin kayak pincang gitu umpama dibawa ke deler resmi kira2 biaya servicenya mahal gak ya gan?
Saya juga punya APV Pick up 2011, mesin bagus, tenaga bagus, hanya saja ban depan kiri dan kanan harus sering dispuring, cepat pincang. Mungkin saja tirod /reckendnya kalah, tapi dicek Suzuki tidak bermasalah. Gigi 1 dan Gigi mundur sering keras, saya kadang main gasnya saja, langsung bisa masuk giginya. Aki so fas is ok, karena tidak ada beban tambahan selain lampu2 standar bawaan fabrik.
hai semua,,,mohon bantuannya..saya punya apv tipe x th 2005, udah setahun terakhir, blm dapat jg penyakitnya yakni sering endut2an, tarikan gasnya sering ngosong, pdahal msalah pngapian ama bhan bakar udah saya ganti sprt : busi dan kabel2nya, pompa minyak, nosel sudah dibersihkan, bahkan saya mngganti prodo kopling sama matahar…mpe skarang pnyakitnya belum ketemu….mohon bantuannya…
Koilx uda d ganti apa blom pak
Aki apv sy ganti dgn amper yg lbh besar n pake aki kering…mantap bos…
Gan sy mau tanya mobil cary injection th 2007 kalau kabel ke koil tidak ada strum nya kerusakan nya apa ya,coil sudah dganti ori tetap tdk ada strum
Sy baru pakai APV 2010 sgx matic, selama sy pakai semua normal aja tidak ada keluhan , tapi beberapa hari ini kalau mesin lg langsam (berhenti mesin hidup) sidik ada suara siulan kecil & sedikit berdengung ,kenapa yaa
sy pengguna apv arena gx 2013,, sampai sekarang alhamdulillah masih sehat wal afiat,, trmakasih suzuki,, nganggu apv,, ” q ora po po “
Sy beli apv 2nd (thn 2004) n ternyata bekas rental (waktu tu sy g paham krn ditutupin penjualnya)…. tapi smp skr sy pake juga ga ada keluhan yg berarti…lancaaaarrrr ajah drpd mobil sy sebelumnya (avanza 2006)…
jangan ragu bu saya punya travel mobil dari apv tidak ada kendala mala lancar pingin tambah lagi apv
Klw di gas mesin mau mati. Yg brmasalh ap klw bgitu?
Om aq punya masalah ama mbil apv.mbil dstater hidup terus mati tapi kalau sensor map nya dcopot hidup tp ngak bisa d gas kenapa om makasihc
Saya pecinta APV, pakai APV Arena GL 2010 selama 4 tahun gak ada masalah berarti, tapi seminggu ini AC tiba2 tidak dingin padahal sebelum nya tidak ada gejala yang mencurigakan. biasanya kalau saya on kan pengatur tingkat kedinginan AC suka ada bunyi tak tek dan putaran mesin juga bertambah, sekarang bunyi tak tek itu tidak ada, putaran mesin bertambah tapi tidak lama normal lagi. Saya coba bawa ke Bengkel Accesories untuk isi freon karena perkiraan freon nya kurang, tapi ternyata kata montirnya freon nya masih normal, yang bermasalah itu magnetic clutch nya harus diganti itu yg rusak. montir bilang harganya 1,2 jt. yang mau saya tanyakan kira2 sebelum mengganti magnetic clutch apa dulu yg harus di cek lagi? berapa harga magnetic clutch? apa penyebab hilangnya bunyi tak tek ( seperti bunyi relay) dan bagian mana yang harus diperiksa?
Om Jangan ganti dulu magnetic cluchnya mestinya tidak semudah itu untuk rusak percaya deh gak apa2 … Gejala yang and maksud biasanya relay om yang rusak buka kap nanti ada kotak sekring dan diluar ada kotak hitam terbungkus karet hitam itulah relay AC .. dan paling relay yang mati om karena kakinya lepas atau kropos.. di dealer Suzuki yang merek Omron tidak ada .. yang ada merek Denso harganya RP 35.000 di toko luar relay KW harganya malah lebih mahal ..
Saran .. jangan percaya dulu sama saran bengkel… karena mereka hanya menerka2 saja karena mereka tidak pernah memiliki mobil sebagus APV sehingga apa yang terjadi dengan jeroannya saja tidak tahu..
Sudah saya cek dengan lampu tespen DC, di relay kaki 85/86/30 lampu nyala tetapi pada kaki 87 (posisi saklar on/off) lampu tespen gak mau nyala. kemudian saya ganti denyan relay baru dengan merek denso warna biru, tetapi lampu tespen tetap tidak mau nyala.
kemudian saya periksa lagi ke bengkel AC pemeriksaan mereka relay menunjukan hasil yang sama dengan hasil pemeriksaan saya. kemudian mereka periksa kompresor katanya kompresor mati /tidak berputar diakibatkan karena magnetic clutch nya rusak dan harus diganti dengan biaya 1,1 jt. tapi belum saya putuskan untuk mengganti karena masih penasaran, masa APV lain yg lebih tua juga dengan masalah yg sama tidak harus mengganti magnetic clutch.
Sekali lagi mohon pencerahannya, apalagi yang harus dilakukan sebelum mengikuti saran bengkel seperti di atas….
berarti betul kampas magnetnya minta ganti sudah ada yang patah
Tapi gue demen tuh ama apv dan udah kadung beli. Gue demen luasnya muat banyak longgar nyaman juga murah juga.
AC di apv gl 2008 s/d skg 2014 masih bagus kok. padahal itu ac idup terus….
kenapa apv saya kalo masuk gigi 1,atau gigi mundur sangat susah apa penyebabnya dan apa solusinya,maasih
yang tahu Suzuki kita juga gak bisa ngutak atik
Numpang tanya…obil ku suzuki apv 2008…awalnya semua ok aj…tpi pas ganri kain klose suara mesin kuterdengar kasar?ud itu pas baru2 mau di panasi suara berdecit and lama kelamaan hilang .
Apa masalahnya y?
Om saya baru beli apv thn 2004,wkt saya beli ga langsung saya cek mesin sama teman saya yang mengerti mesin,kendalanya apa mesinnya agak kasar kaya-kaya semi diesel begitu kalo tahun 2004,tapi bukan kaya panther banget si,mohon infonya.thx
Mas Suzuki Yogya, kl APV ARENA SGX automatic untuk pemeliharaan rutin pokoknya yang harus diperhatikan apa aza..? makasih atas att. nya
Wah informasinya menarik, bisa buat pegangan ini . .
bung suzuki jogja, saya mau nanya.
Suzuki APV X tahun 2005 apakah sudah pakai mesin injeksi ?
saya punya mobil ada 4 semua merk suzuki 2 apv sudah 4 tahun tidak masalah buat saya yang penting perwatan buat saya suzuki lebih top
Saya baru beli APV 2013 type SGX secand untuk angkut barang lumayan bagus untuk angkut2, tapi juga untuk keluarga juga sih..kabin luas barang dagangan muat banyak, suspensi stabil kokoh…setiap 6 bulan sekali balance sporing dianjurkan begitu, nyaman, audio salonnya mantapp enakk BINGITTTTTT….dibanding mobil avanza velozku, kalau kekurangan APV pasti ada…semua mobil merk apapun punya +- tergantung perawatan kita…Pokoknya APV bagiku MANTAPPP, Body keren mini ALPHARD..hehehe..harga jual kembali bagus…SENENG DEH..kalau kata orang APV banyak kekurangan dia emang enggk suka sama APV…parah lagi enggak bisa beliii…wkwkwkwk:-)
apa bedanya apv X 2004 sama yg Arena ? apakah body nya saja saja / ada perbedaan teknologi di mesin ,dll , selama ini masalah cuma pada kaki, hbs ganti bearing & rack end, lanjut spooring balancing, 3 bulan ban mulai aus separo, & muncul bunyi kletek2 , tapi setir msh stail & tdk bergetar, apanya yg bermasalah ya ? terkait dengan kelemahan tsb APV tetap mantab, buat loading 3 sepeda Mtb masuk, sound system standard “Gandhem”, temen yg punya Ertiga baru aja malah ngiri sama Sound system APV, mesin halus & handal, buat luar kota tiap minggu Jogja salatiga, Aki tok cer tdk pernah berkurang, radiator oke, pernah buat fast to furious zigzag 120km/jam lawan Honda Jazz sepanjang Klaten – Jogja jl Solo Stabil & lincah & bisa ngasapin tuh jazz ugal ugalan walaupun Body “semokh” , pokoknya APV tetap mantab wlpun dengan kelemahan kaki kaki td ( mungkin karena sering lewat Jogja salatiga via jatinom – Boyolali / Salatiga jogja via kopeng magelang) yg “Aduhai ” jalan aspal nya 🙂
bodi sama.. suspensi beda… mesin beda karena nomer sparepart bela coba buka http://eparts.suzuki.co.id/Default.aspx
Tolongggg lampu engine apv saya klo di gas tinggi sering hidupp. Tlng pencerahan nya master semua
berarti anda harus waspada.. ada kerusakan komponen didalam mesin
Tolong bantuanya rekan semua apv saya di start hidup tapi di gas tersendat2 kira2 apanya ya..ada yg ngomong sensor gas/throttel posision..apa benar..trms
coba check koilnya pak, bisa jadi sudah lemah, pengalaman pernah nemuin kasus spt tsb
APV saya ketika nginjek jalanan yang jelek stir nya getar kaya yang mau copot
Klo saya pribadi gk suka sama suzuki Apv,ya karena beberapa alasan.
dari modelnya,dan sekarang banyak di jadikan Ambulan.
Suspensinya juga kurang baik,keras.
klo pada kecepatan agak tinggi,wahh ampun deh limbungnya minta ampun,,goyang-goyang bro.
klo di bawa bawaannya tuh Kaku.
jauh lebih bagus saudaranya Ertiga.
di dalam kabin juga berisik.
Mendingan All new avanza,Etiga klo gk mobilio.
Maklum bro.. MPV Semi Bonnet.. Mesin dibawah jok depan, suara masih bisa masuk.. Terus mungkin emang konstruksi awalnya jadi MPV niaga.. Jadi suspensi emang keras, dsb..
Jangankan yg punya sendiri.. banyak mobil2 angkot juga pake APV.. 😀 😀
Saya pakai apv gl 2008, lalu ganti lagi yang 2011 gx. Yg 2008 masih jalan dan kerja keras, bagus sekali. Yang 2011 ga ada masalah. Ban dari pabrikan blm di spooring, itu yang bikin rusak. Waktu beli yang kedua langsung spooring dan nitrogen, rata sekali sampai skrg 70 ribu km. Aki asli pake sampai habis sekitar 3 tahun, ganti yang kering. Kaki memang 2 tahun harus maintenance. Ban rotasi dan spooring tiap 10 ribu km. Yah lumayan kuat dan irit perawatannya. Lebih bagus dibanding luxio dll. Per saya ganti per sedan dan dipotong 1 ulir, empuk, ceper, stabil. Tol belok 120 kpj ga pake rem. Lumayan bgt nih mobil. Kalo punya uang lebih mau ganti yang bagus yah monggo.
APV saya dr tahun 2004 baru jajan ganti kaki depan, kopling, engine & transmisi mounting pemakaian seminggu 2 hari + lebaran…, sangat jarang servis dan minim komplain asal ganti oli yg rajin kalau mesin sudah terasa berat.
Saya sudah pakai apv arena 3 tahun aman dan lancar ban hanya bru ganti 1 x saja dan sy pakai jarak jauh aman nyaman dan lancar jaya
Halo om Suzuki jogja dan apv lovers, mohon infonya dong.
Saya baru beli apv arena Gl 2008. Setelah iseng sy bawa k bengkel resmi Suzuki dan Ternyata byk jg penyakitnya. Tp ga apa2lah normal karena yg sy beli mobil bekas. Dr sekian byk masalah yg sy dapatkan ada diantaranya, timingbelt yg sdh haus,harus kurasradiator,joint apa gitu namanya posisinya ada d sekitar suspensinya. Mohon saranya mn yg lebih urgent dr smuanya itu mengingat budget jg terbatas. Thanks salam apv lovers greeeenng
Ya semua yang anda sebutkan memang harus diganti.. timing belt kalau putus anda akan banyak lagi keluar biaya, kalau ball join, atau join stabilizer gak diganti suspensi tidak nyaman …
setuju……. kalo timing belt putus, minimal mobil mogok gak bisa jalan; kaki depan oblak, tidak nyaman….. kuras radiator? kalo radiator mampat, resiko mesin kepanasan…..
ya saya pertama punya suzuki jmmi jangkrik pake3thn alasan dijual pingang saya sering sakit mungkin bantinganya keras ke2 mitshu T120SS pake 7thn dijual karna bosan ke3 saya pake suzuki apv arena thn2010 sampai sekang tidak ada keluhan km nya udah sekita 76600 san yang penting pemeliharaan nya belum pernah sporing karna tiap 10000 kmban depan pindah kebelakang dan sbaliknya onerdil yangsaya udah ganti accu ,kampas kopling motor pan radiator air radiator ganti minyak rem busi dikerjakan sediri blum pernah ke benkel ban baruganti pake turanza std apv tidak ada ada keluhan dibawa ke manijow sumbar udah 5kli stiap lebaran bahan bakar slalu doplos pertamax 10 ltr premium 10ltr saringan udara pake simota bbm luar kota kira kira 1lt 14km tanjakan cipularang bisa digenjot 140km perjam intinya saya sangat puas dengan suzuki apv arena makasih suzuki
om saya punya suzuki apv dlx th 2007 sampai sekarang masih bagus untuk kecepatan 120 km enteng dan saya sudah pakai gas cng larinya tambah kencang seperti pakai nos makasih
Slmt semua nya saya punya APV arena 2011 Dan saat ini lg modif Dan saya pasang tv 32 inch kira” saya perlu ubah aki or tambah gulungan Dinamo nya tidak?? Untk yg lain nya saya tidak Ada masalah cos sdh di gati pelek 20 in Dan ceper inti Nya g Ada masalah untk semua Nya cm klau saya pasang tv 32 inch apa tidak Ada masalah.trimakasih
cara mengatasi ban depan sebelah kanan cepat botak adalah;
1.kasih beban di bawah lampu depan sebelah kiri kira kira 100-150kg atau dibelakang
sebelah kiri
2.silahkan datang ke bengkel yang bukan bengkel resmi suzuki
3
Wah Black Campaign nih.
Yang nulis ngaku Suzuki Jogja padahal brand kompetitor.
wkkkkk
Peekenalkan nama saya iyus … sekedar menambahkan . Pengalaman . Betul memang suzuki apv van radiator gampang rusak… saya pernah mengalami sendiri pada akhirnya mesin panas dan ac pun keluar angin saja … dan ac sendiri pun saya peenah servis 3x dlm 1 thn sedangkan mobil keluaran 2005 dgn type apv .X .
Numpang lapak gan..ane punya suzuki apv arena tipe GX thun 2008 mau ane jual buka harga 90 jt..masih nego ampe jadi pokoknya..kl ada minat 085780821776..thanks
Saya baru beli apv gl 2008, permasalahan ada pada gardan yg menyebabkan suara berdengung bila kecepatan tinggi, saya sudah ganti dengan 1 set crown wheel …di bengkel, tetapi masih bunyii dengung juga…mohon saya dikasih solusinya
minta sranya ane baru kehilangan kunci plus remot originalnya APV th 2005 seri X ,di bengkel resmi kalo beli remotnya ja ada pa engga ya minta saranya …thks.
dealer bisanaya ada .. kalau mau buat bawa dengan plat kecilnya karena ada kode untuk buat geriginya
saya punya suzuki avp pick up 2014, saya baru pasang ac . tapi setelah pasang ac ada suara ” zzzzzzing ” setiap di gas, makin kencang saya tekan gas makin kencang suaranya seperti mobil f1. tapi klu saya matikan ac nya, suaranya hilang. yg saya tanyakan apakah avp pick up memang begitu bila menggunakan ac. mohon solusi. tks
yang bawwan pabrik gak masalah berarti streng belt yang kurang pass.. atau masang pulinya miring .. bisa juga karena masih baru strengnya
saya punya poc up APV 2013,udh 2 thn lancar,tp sekarang ada masalah jika mesin udah panas,gas di tambah malah mesin / enginya turun ky mau mati,tp masih bisa jalan dg gas kecil kira2 lari 10-20km aj,klo gas di tambah mesin mau mati,kira2 apa ya penyebabnya,dan ap yg harus sy ganti,mohon pencerahanya,trims..
penyebabnya kemungkinan:
1. Koil
2. busi dan kabelnya
3. sensor sensor
4. Saluran BBM
untuk jelasnya bawa ke bengkel aja nanti dicheck satu persatu baru didapat masalahnya ada dimana
Apv x 2004, pulang dari bengkel Suzuki habis servis rem, ganti van belt dan mounting2 apa gitu… Next day mobil dibawa jalan oke, sehabis mesin mati untuk isi bbm mobil gak mau di starter (gak ada kontak sama sekali)…. Ditunggu sekitar 1 jam, baru mau di starter lg. Hal ini terulang sampe 3x… Dibawa lg ke Suzuki, penyakitnya gak muncul saat di bengkel. Jadi gak ketauan penyebabnya… Barangkali ada yg tau…? Pls share…
klu apv mesin cpat panas dan indikatorny cepat naik itu knp…..! terima kasih
APV saya OK OK aja tuh…gak pernah rewel
apv ku kok gak pernah rewel
apv megacarry saya th 2015 bulan april, keluhannya ada bunyi pada garda/persneling pada kecepatan 40-50km/jam.. kalau kecepatan sudah diatas itu bunyi yang dimaksud hilang.. bagaimana solusinya..
Tolong saya di bantu. Pick up mega cerry saya kalau di stater hidup,nanti kalau jalan sekitar 50 meter tiba tiba ga bisa naik gasnya….
saya pakai apv gx 2019, ada masalah bunyi di roda bagian depan kiri, kira kira itu kenapa yah mas ?
mau tanya nih agan kl APV Arena 2009 cocoknya pake oli apa ya??? thanks ya
jangan beli mobil yg banyak masalah ,nanti kecewa ,jual kembali rugi banyak, teliti sebelum membeli.
Saya punya avp awalnya lagi dipake tiba tiba mesin panas dan air radoator muncrat .akhirnya mesin mati karna panas dan air radiator kosong setelah dingin saya isi air tapi di star mesin tetap tidak mau nyala..akhirnya saya ganti paking head sama montir saya ..setelah di setal semua top sudah benar , api ada ,bensin ada tapi tetap saja mesin ngga mau hidup..jadi kira kira apanya yah ? Mohon minta solusi nya gan..karena semua setelan top pengapian dan suply bahan bakar sudah benar …..
saya pake apv 2006 matic, saya pakai mudik dari pekanbaru ke jakarta tidak ada masalah, air aki isi pas mau berangkat dari pekanbaru sampai pulang lagi masih ok ac on terus, bensin hanya habis 650ribu pertalite sekali jalan, mantap kog di ajak nanjak ga ngos-ngosan KM saat udh 205rb so far tidak ada masalah
saya user apv arena gx 2008, extra fan udah ganti…so far masih oke sampai sekarang…kaki2 depan bunyi gluduk2 emang…ganti ban BS seri B, road noise nya ampun2an, road noise nya oke stlh ganti ban hankook yg setara turanza…ngelewatin banjir tinggi satu ban di komplek rancaekek, pernah dan survive…so…overall impression, mobil ini emang built tough…
Tapai kalau urusan mesin kayaknya suzuki apv mantap
Saya punya APV GE PS tahun 2012 …sampai sekarang masih 30.000 km hanya untuk anak2 ke sekolah, kepasar , servis rutin ke bengkel Suzuki sesuai petunjuk, ban baru ganti sekali, aki baru ganti sekali…semua masih standard….rencana mau dijual..mau ganti yang lain
kalau pedal kopling bunyi tek tek tek itu krn tali kopling kurang kencang, ulir satu kali putaran, bentuknya bulat, teptnya dibawah kolong lantai